Sukses

Tersandung Skandal Jet Sewaan, Menkes AS Mengundurkan Diri

Tom Price mengundurkan diri setelah tersandung kasus penggunaan pesawat sewaan untuk menjalankan tugasnya sebagai pejabat pemerintahan.

Liputan6.com, Washington, DC - Menteri Kesehatan Amerika Serikat, Tom Price, mengundurkan diri setelah tersandung kasus penggunaan pesawat sewaan untuk menjalankan tugasnya sebagai pejabat pemerintahan.

Dikutip dari BBC, Sabtu (30/9/2017), sebelumnya Price telah meminta maaf setelah menggunakan 26 pesawat sewaan sejak Mei 2017. Total, biaya yang dihabiskan sebesar US$ 400.000 atau sekitar Rp 5,38 miliar.

Pejabat pemerintah AS, kecuali yang menangani masalah keamanan nasional, diminta menggunakan penerbangan komersial untuk melakukan perjalanan dinas.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan Gedung Putih, Presiden AS Donald Trump telah menerima permohonan pengunduran diri Price. Dalam pernyataan itu juga disebutkan bahwa asisten menteri kesehatan saat ini, Don J Wright, akan menggantikan posisi Price.

Berdasarkan laporan New York Times, dalam surat pengunduran dirinya Price menyesalkan bahwa 'kejadian baru-baru ini' telah menimbulkan gangguan kepada pekerjaan di departemen kesehatan.

Sebuah penyelidikan oleh situs berita politik Politico menyebut, perjalanan dinas Price menghabiskan biaya lebih dari US$ 1 juta. Selain biaya sebesar US$ 400.000 untuk pesawat sewaan, angka itu termasuk biaya pesawat militer yang digunakan dalam perjalanan Price ke luar negeri.

Sebelumnya, Trump mengatakan bahwa ia kecewa dengan pengeluaran tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Anggota Kabinet Trump Lain yang Tersandung Skandal Jet Sewaan

Terdapat tiga anggota kabinet Trump lain yang sedang dalam pengawasan karena menggunakan pesawat sewaan saat bertugas.

Pertama adalah Menteri Dalam Negeri, Ryan Zinke. Menurut Politico dan Washington Post, ia terbang dari Las Vegas ke Montana pada Juni lalu dengan pesawat sewaan senilai lebih dari US$ 12.000.

Zinke juga dilaporkan menggunakan pesawat pribadi ke St Croix dan St Thomas di US Virgin Islands dan pesawat militer untuk berpergian ke Norwegia pada Mei.

Kedua adalah Menteri Keuangan, Steven Mnuchin. Ia dituduh menggunakan pesawat sewaan bersama dengan istrinya untuk melihat gerhana Matahari.

Ketiga adalah Kepala Dinas Perlindungan Lingkungan Hidup (Environmental Protection Agency, EPA), Scott Pruitt. Ia telah menghabiskan lebih dari US$ 58.000 untuk perjalanan non-komersial.

Sementara itu juru bicara Menteri Dalam Negeri, Heather Swift, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Zinke akan menggunakan pesawat sewaan jika tak ada pilihan pesawat komersial.

"Semua perjalanan sudah disetujui oleh kantor etik sebelum memesan dan pesawat sewaan telah melalui pertimbangan yang hati-hati," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini