Sukses

Mengenal Ri Sol-ju, Istri Kim Jong-un yang Misterius

Hanya sedikit informasi yang diketahui soal istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju. Sejumlah spekulasi tak luput dari kehidupannya.

Liputan6.com, Pyongyang - Hanya sedikit yang diketahui dari Ri Sol-ju, istri Kim Jong-un. Menurut laporan intelijen Korea Selatan, Ri diperkirakan berusia 28 tahun dan merupakan ibu tiga anak. Namun, pihak Korea Utara sendiri belum mengonfirmasi informasi tersebut.

Ri tak sering tampil di publik. Ia biasanya terlihat ketika Kim merayakan kesuksesan uji coba misil. Di depan umum, Ri hampir selalu tampil dengan senyum simpulnya dan mengenakan gaun berpotongan rapi berwarna pastel.

Dikutip dari The Independent, Kamis (28/9/2017), Ri dilaporkan lahir dari keluarga terpandang. Ayahnya adalah seorang profesor dan ibunya seorang dokter. Namun, tak banyak yang mengetahui cerita Ri bisa menjadi istri Kim Jong-un.

Ia pertama kali diketahui publik telah mendampingi Kim Jong-un pada Juli 2012. "Kegilaan" media makin menjadi kala Kim hadir di acara publik bersama perempuan misterius itu -- Ri Sol-ju, termasuk dalam sebuah teater yang menampilkan tokoh-tokoh Disney.

Identitas Ri sebagai istri Kim terungkap kala media Korea Utara menyebut status perempuan misterius itu dalam acara pembukaan taman bermain di Pyongyang.

"Marsekal Kim Jong-un tiba di lokasi upacara bersama istrinya, Kamerad Ri Sol-ju," ujar pembawa acara itu.

Hingga kini tidak jelas kapan Kim dan Ri menikah. Beberapa laporan menyebut bahwa keduanya menikah pada 2009 dan Ri melahirkan anak pertama pada tahun berikutnya.

Sementara itu, laporan lain mengatakan bahwa Ri dan Kim pertama kali bertemu dalam sebuah konser musik klasik pada 2010.

Kerahasiaan seputar pernikahan mereka tak mengejutkan warga Korea Utara dan pengamat internasional negara yang tertutup itu. Pasalnya, ayah Kim, Kim Jong-il, tak pernah mengenalkan sejumlah istrinya kepada publik.

Hanya sedikit yang diketahui tentang kehidupan Ri sebelum menikah dengan Kim. Namun, inteljien Korea Selatan menyebut bahwa istri Kim Jong-un itu pernah belajar menyanyi di China dan mengunjungi Korsel pada 2005 sebagai anggota tim pemandu sorak Korut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ri Sol-ju Sempat Menghilang

Ri dikenal akan selera modenya yang berkiblat ke Barat. Ia beberapa kali terlihat mengenakan tas desainer kenamaan, seperti Dior dan Chanel.

Kegemarannya akan barang-barang mewah telah menuai kritikan internasional. Pasalnya, warga Korut harus berjuang menghadapi kelaparan, kekeringan, dan kemiskinan.

Awal tahun ini, Ri menghilang dari hadapan publik selama beberapa bulan. Hal itu pun menimbulkan spekulasi soal keselamatannya -- beberapa laporan bahkan mengkhawatirkan bahwa Ri telah dieksekusi.

Pada Agustus 2017, intelijen Korsel melaporkan bahwa ia telah melahirkan dan menghilang dari publik karena tengah mengandung.

Diyakini bahwa pasangan itu saat ini telah memiliki tiga anak. Meski demikian, informasi paling detail soal anak Kim dan Ri datang dari bintang NBA, Dennis Rodman, yang dikenal dekat dengan Kim.

Kepada media, Rodman mengatakan bahwa dirinya bertemu dengan anak kedua Kim pada 2013. Anak itu bernama Ju-ae.

"Aku menggendong bayi mereka, Ju-ae, dan berbincang dengan Ri. (Kim) adalah ayah yang baik dan memiliki keluarga yang manis," ujar Rodman dalam sebuah wawancara dengan The Guardian.

Media Korea Selatan berspekulasi bahwa Ri dipaksa memiliki anak ketiga dan berharap berjenis kelamin laki-laki untuk mewarisi kekuasan Kim -- banyak media melaporkan bahwa anak pertama dan kedua Kim adalah perempuan.

Seorang pembelot Korea Utara yang kini menjadi peneliti, Ahn Chan-il, mengatakan kepada YTN bahwa ada tekanan untuk melahirkan anak laki-laki karena rezim saat ini tidak begitu kokoh.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.