Sukses

Ternyata, Ini Fungsi Potongan Logam yang Mencuat di Sayap Pesawat

Liputan6.com, Jakarta - Ketika sedang dalam pesawat terbang, pernahkah Anda melihat ke luar jendela dan mengamati ada beberapa benda mirip batang logam yang mencuat dari sayap pesawat? 

Dalam istilah penerbangan, benda tersebut dikenal sebagai static discharger yang bertugas membuang muatan-muatan listrik statik dari badan pesawat terbang.

Dikutip dari news.com.au pada Rabu (27/9/2017), secara statistik sebuah pesawat terbang rata-rata disambar petir satu kali dalam setahun.

Petir adalah lecutan yang terjadi ketika ada muatan listrik berkekuatan besar berhimpun dalam awan-awan di langit.

Jika ada pesawat melintas di antara dua himpunan besar muatan tersebut, petir bisa menyambar pesawat terbang yang berbadan logam sehingga muatan listrik menempel pada badan pesawat.

Benda-benda yang juga dikenal sebagai static wick (sumbu statik) itulah yang membantu membuang tempelan muatan-muatan listrik pada badan pesawat, demikian menurut penjelasan penerbangan Qantas, Australia, dalam suatu blog baru-baru ini.

"Sebuah pesawat terbang yang menembus awan pun bisa menciptakan listrik statik, jadi static wick itu membantu menyebarkan energi."

1 dari 2 halaman

Bahaya Penumpukan Muatan Listrik

Petir adalah lecutan yang terjadi ketika ada muatan listrik berkekuatan besar berhimpun dalam awan-awan di langit. (Sumber Pixabay)

Diskusi daring dalam forum Quora menjelaskan beberapa bahaya yang dapat diakibatkan oleh penumpukan muatan listrik statik.

"Pesawat yang sedang dalam penerbangan terus-menerus menggesek badannya pada atmosfer. Gesekan ini menyebabkan muatan statik berhimpun di rangka pesawat."

"Kelebihan elektron tersebut cenderung berkumpul di ujung belakang bagian-bagian pesawat, seperti ujung belakang aileron, sirip tegak, sirip datar, flap, dan lainnya," demikian menurut Anas Maaz.

"Masalahnya, penumpukan muatan listrik itu tidak konstan di bagian-bagian berbeda pada badan pesawat, sehingga ada kemungkinan besar terjadi lecutan. Lecutan seperti itu bisa menyebabkan kebakaran."

"(Muatan) listrik statik juga bisa mengganggu radio di pesawat."

"Static discharger atau static wick itu memberikan jalur aliran bagi kelebihan elektron untuk kembali ke atmosfer agar tidak mengumpul di rangka pesawat."

"Ujung static wick itu mirip seperti ujung kuas dan memiliki resistensi (hambatan listrik) sangat rendah sehingga memudahkan terlepasnya elektron."

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Saksikan Live Streaming INSPIRATO

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Ilmuwan China Ubah Daun yang Berguguran Menjadi Baterai
Artikel Selanjutnya
5 Fakta Mengerikan Bom Hidrogen