Sukses

4 Patung Aneh Ini Tak Mirip dengan Tokoh Aslinya

Liputan6.com, New York - Patung merupakan salah satu bentuk seni yang dapat diciptakan sesuai dengan kehendak dan imajinasi para pembuatnya. Berawal dari imajinasi yang kuat, maka akan menciptakan patung yang berkarakter.

Sama halnya dengan imajinasi liar, tentu akan menghasilkan karya yang liar pula. Meski demikian, hasil karya tersebut akan menuai banyak perhatian dari orang banyak. Dengan hasil pandangan yang beragam, bisa baik atau pun buruk.

Salah satu karya yang tertuang dalam seni patung adalah pembuatan monumen bersejarah dan tokoh inspirasi.

Seorang seniman tentu akan berusaha kuat agar bentuk wajah pada patung dapat menyerupai tokoh aslinya. Kendati demikian ada saja beberapa karya yang semula dimaksud menyerupai tokoh tertentu malah menjadi bahan lelucon karena tak mirip.

Beberapa karya tersebut bahkan menuai perhatian bukan karena keindahannya melainkan karena keanehannya.

Berikut 4 patung aneh yang tak mirip dengan tokoh aslinya, seperti dilansir dari laman Oddee.com, Selasa (26/9/2017):

1 dari 5 halaman

1. Michael Jackson

Patung Michael Jackson (AFP)

Pada tahun 2011, sebuah patung emas King of Pop Michael Jackson diresmikan.

Patung setinggi 182 sentimeter itu berdiri kokoh di klub sepak bola Fulham dan menjadi olok-olokan penggemar Michael Jackson.

Dilihat dari gambar, patung tersebut sudah diperindah dengan tampilan baju dan aksesoris yang mendukung. Bahkan bergaya ala Michael Jackson sungguhan.

Namun, wajah patung itu sama sekali tak terlihat seperti Michael. Posenya pun aneh.

Teman karib Michael Jackson yang merupakan ketua sekaligus pemilik klub sepak bola Fulham, Mohamed Al-Fayed, adalah si penggagas pembuatan patung itu. 

"Michael Jackson benar-benar seorang legenda. Saya harap patung ini dapat menginspirasi banyak orang," ujar Al Fayed.

2 dari 5 halaman

2. Putri Diana

Putri Diana (Chesterfield council)

Demi mengenang kematian Putri Diana, seluruh dunia bak berlomba-lomba memberikan penghormatan terakhirnya untuk sang mendiang. Salah satunya adalah kota Chesterfield, Amerika Serikat.

Kota itu menghadiahi almarhumah dengan patung. Namun, bukannya mendapat respons positif, karya tersebut malah menjadi 'bulan-bulanan' netizen di media sosial.

Patung peringatan 20 tahun kematian Putri Diana ini dibuat oleh seorang relawan dari kota tersebut. Jika diperhatikan, Anda pasti akan merasa tergelitik untuk berkomentar.

Dalam karya ini, paras Putri Diana yang begitu cantik justru ternoda dengan senyumannya yang terlihat aneh. Belum lagi ukuran bola mata yang besar sebelah.

Gigi Putri Diana pun tampak begitu tonggos. Warna lipstik merah muda pucat semakin membuat karnya tersebut terlihat aneh.

3 dari 5 halaman

3. Paus John Paul II

Patung Paus John Paul II sebelum dan sesudah diperbaiki (AP)

Patung perunggu John Paul II yang tingginya mencapai 4,87 meter banyak dikritik orang, karena ketidakmiripannya dengan sosok Paus asal Polandia yang sangat dicintai warganya.

Patung yang didirikan pada Mei 2011 ini berdiri tegak di pusat kota Roma.

Saking tidak miripnya, banyak orang mengatakan patung tersebut sangat mengerikan.

Karena sudah terlalu sering diprotes, modifikasi besar-besaran dilakukan pada tubuh paus tersebut. Patung yang sebelumnya tampak muram, kini terlihat mengembangkan senyuman. Bahkan leher yang sebelumnya menempel dengan pundak kini sudah tampak normal.

4 dari 5 halaman

4. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo (AFP)

Siapa yang tak kenal dengan Cristiano Rinaldo. Pemain sepak bola asal Portugal ini tak hanya disorot seputar prestasinya saja namun juga kehidupan pribadinya.

Berkat prestasi dan bakat yang ia miliki, sosok Ronaldo sempat dijadikan sebagai patung. Meski hanya bagian kepala dan leher.

Kendati demikian, sosok Ronaldo di monumen itu tak begitu mirip dengan wajah aslinya. Wajahnya yang tampan justru terlihat konyol karena gurat senyum yang tak tepat.

Bagaimana menurut Anda?

Artikel Selanjutnya
7 Patung Paling Nyeleneh yang Pernah Diciptakan Seniman Dunia
Artikel Selanjutnya
6 Penyanyi Dunia Ini Dikabarkan Memuja Setan Demi Popularitas