Sukses

24-9-1992: Skandal Seks Menggulingkan Menteri Inggris di Parlemen

Liputan6.com, London - Hari ini 25 tahun silam, seorang menteri Inggris, David Mellor mengundurkan diri dari jabatan yang tengah diembannya sebagai Heritage Minister. Dengan alasan terlibat skandal seks.

Seperti dikutip dari BBC on This Day, pengunduran diri Mellor dilakukan melalui sebuah surat kepada perdana menteri kala itu. Dalam pesannya, dia mengatakan telah menjadi beban bagi rekan-rekannya dan titik lemah pemerintahan sehingga ia tak memiliki pilihan selain mundur dari jabatannya.

Keputusan Mellor muncul setelah 2 hari sebelumnya ia membantah tuduhan tersebut dan akan berjuang membersihkan namanya. Dia juga mengatakan John Major dan editor tabloid yang memuat berita skandal seks dirinya bukanlah orang-orang yang harus menentukan nasibnya.

Mellor menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada perdana menteri pada 24 September 1992 sore sekitar pukul 16.00 BST, setelah memberitahukan keputusannya sebelum rapat kabinet pada pagi harinya.

PM John Major pun mengagumi keberanian koleganya dan menerima pengunduran diri Mellor dengan sangat menyesal.

Pengungkapan tentang kehidupan pribadi Mellor diikuti dengan tuduhan tentang hubungan bisnis dan sosialnya.

Menurut pemberitaan yang beredar dalam 3 pekan terakhir, Mellor disebutkan berlibur pada Agustus 1990 sebagai tamu seorang putri Pejabat Pembebasan Palestina dan lainnya pernah dibayari oleh penguasa Abu Dhabi.

Mengetahui kemunduran sang menteri Inggris, editor tabloid yang memberitakan skandal seks itu membantah klaim Mellor bahwa ia lah yang memaksanya 'angkat kaki'.

"... Kami menerbitkan rincian perselingkuhannya dengan Antonia de Sancha karena saya rasa akan menarik publik," tutur editor People, Bill Hagerty.

Rumor tentang anggota parlemen yang sudah menikah berselingkuh dengan aktris Antonia de Sancha itu beredar di kalangan wartawan sejak Juli tahun itu. Beberapa bulan setelahnya, baru lah pemberitaannya dimuat.

Sementara itu pada tanggal yang sama tahun 1946, tercatat sebagai momen berdirinya maskapai penerbangan Hong Kong, Cathay Pacific. Sedangkan pada 24 September 1948 ditetapkan sebagai hari di mana perusahaan kendaraan Jepang, Honda didirikan.

Artikel Selanjutnya
Putin Akan Kembali Mengusir Diplomat AS dari Rusia?
Artikel Selanjutnya
Kamboja Tangkap Pemimpin Oposisi