Sukses

Pernah Nyaris Botak, Model Seksi Ini Menjelma Jadi Rapunzel

Liputan6.com, Moskow - Walaupun nyaris botak karena kondisi khusus kesehatan rambutnya, upaya gigih seorang wanita Rusia berhasil membawanya menjadi sosok jelita berambut panjang seperti Rapunzel dunia nyata.

Saat berusia 18 tahun, Anastasiya Sidorov nyaris botak akibat mengalami kerontokan parah rambutnya berkaitan dengan kondisi langka yang dikenal dengan androgenetic alopecia.

Kondisi demikian membuat penderitanya mengalami kerontokan rambut di beberapa bagian kepala atau bahkan botak seluruhnya. Penyebab alopecia tidak diketahui dengan jelas, tapi diduga berkaitan dengan stres.

Dikutip dari Daily Mail pada Jumat (22/9/2017), rasa percaya diri remaja itu merosot. Ia kemudian memutuskan untuk memeriksakan diri kepada seorang trichologist, seorang pakar kerontokan rambut.

Untunglah, perawatan jangka panjang yang dilakukan membawa hasil dan rambut Anastasiya tumbuh kembali. Ia bahkan menjadi model bagi salah satu produk shampoo terkenal.

Sekarang, pada usia 23 tahun, ia menuliskan melalui laman Instagram, "Hari ini untuk pertama kalinya aku mengukur panjang rambut. Aku belum pernah memikirkan itu, tapi banyak yang bertanya-tanya. Nah, panjang rambutku 106 centimeter."

Ia pun menjadi tertarik dengan profesi tersebut dan mengikuti pelatihan sebagai trichologist dan membagikan kiat-kiat untuk menjaga kesehatan rambut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berbagi Kiat Perawatan Rambut

(Sumber Instagram/@sidorovaanastasiya)

Menurutnya, ia tidak pernah meluruskan rambutnya. Setiap habis keramas, ia membiarkan rambutnya mengering hingga 60 persen sebelum menggunakan alat pengering rambut (hair dryer).

Shampoo yang digunakannya mengandung sulfat dan ia juga menggunakan pelapis keratin setelah tiap keramas. Semua itu dibarengi dengan asupan omega-3 dan vitamin D.

Petunjuk-petunjuk yang dibagikan itu pun menjangkau sekitar 238 ribu pengikutnya di Instagram. Untuk konsultasi perorangan, Anastasia mendapat bayaran 54 poundsterling.

Beberapa petunjuk yang dibagikannya termasuk pengenalan jenis rambut, katanya, "Sebelum memutuskan shampoo yang cocok dengan kita, kenali dulu jenis rambut kita."

"Shampoo yang dipilih sembarangan dapat sangat merusak rambut kita."

"Misalnya, jika kita memiliki rambut yang kering dan kita memakai shampoo untuk rambut berminyak, maka kita malah menggerus semua minyak yang alamiah."

Padahal, tanpa minyak tersebut, tidak mugkin mendapatkan kondisi rambut normal.

"Kita malah mengeringkan kulit kepala sehingga rambut menjadi sangat getas dan rentan."

"Banyak orang mengalami musim kerontokan rambut. Jika kandungan zat besi dalam tubuh normal dan tidak ada perubahan hormonal, maka kerontokan itu biasa-biasa saja."

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.