Sukses

Putra Sulung Trump Tak Lagi Dilindungi Secret Service, Ada Apa?

Liputan6.com, Washington, DC - Donald Trump Jr, putra sulung Presiden Amerika Serikat Donald Trump berhenti menggunakan jasa perlindungan Secret Service. Dan menurut sebuah sumber, seorang pejabat tinggi perempuan di Gedung Putih juga tidak lagi mendapat perlindungan yang sama.

Seperti dikutip dari The New York Times pada Selasa (19/9/2017), Secret Service dikabarkan berhenti melindungi Trump Jr yang tinggal di New York sejak pekan lalu. Pria berusia 39 tahun tersebut merupakan suksesor sang ayah di kerajaan bisnis Trump Organization.

Trump Jr yang diketahui senang berkemah dan berburu ini dikabarkan menginginkan lebih banyak privasi dibanding dikawal sejumlah agen saat bepergian ke mana saja.

Tidak dijelaskan apakah keputusan untuk tidak lagi menggunakan jasa perlindungan Secret Service ini juga diterapkan kepada istrinya, Vanessa, dan lima buah hati mereka. Trump Jr belum memberi komentar terkait kabar ini. Demikian pula Gedung Putih.

Selain Trump Jr, seorang penasihat presiden yang dikenal pula sebagai sosok kontroversial, Kellyanne Conway, juga tidak akan lagi mendapat perlindungan Secret Service. Tidak diuraikan lebih jauh terkait hal ini.

Namun, dua kasus tersebut memberikan kelegaan tersendiri bagi Secret Service yang selama masa pemerintahan Trump dibebankan dengan tugas cukup berat. Banyaknya jumlah anggota keluarga Trump dan padatnya aktivitas mereka berarti semakin banyak pula biaya yang dibutuhkan.

Hal tersebut pernah menjadi kritik yang diarahkan kepada Trump Jr, mengingat ia kerap bepergian ke berbagai penjuru dunia terkait dengan urusan bisnisnya. Kritikus berpendapat bahwa para pembayar pajak tidak seharusnya membayar tagihan agen yang melindungi Trump Jr.

Di lain sisi, fakta bahwa Trump memiliki anggota keluarga yang cukup banyak membuat Secret Service mau tidak mau mengalihkan agen mereka yang seharusnya menangani kasus kriminal atau penyelidikan ke tugas perlindungan.

1 dari 2 halaman

Siapa Saja yang Seharusnya Dilindungi Secret Service?

Secret Service tidak memutuskan siapa yang akan mereka lindungi. Namun, dalam kasus keluarga dekat presiden, Secret Service diwajibkan oleh undang-undang untuk memberikan perlindungan sepanjang waktu kecuali jika diperintahkan untuk tidak melakukannya.

Sementara itu, perlindungan terhadap penasihat presiden, Kellyanne Conway, tidak dimuat dalam undang-undang. Presiden menyetujui fasilitas keamanan terhadap dirinya setelah Conway mendapat ancaman pada masa-masa awal pemerintahan Trump.

Anak, menantu, dan cucu serta sejumlah pembantu utama Presiden Trump dikabarkan masih akan mendapat perlindungan dari Secret Service. Demikian pula dengan Trump Tower, markas Trump Organization sekaligus kediaman pribadi orang nomor satu di AS.

Juru Bicara Secret Service Catherine Milhoan menolak berkomentar mengenai masalah tersebut.

"Demi menjamin keselamatan dan keamanan para pelindung dan keluarga mereka, kami tidak akan memastikan siapa saja yang saat ini menerima perlindungan Secret Service," kata Milhoan.

Artikel Selanjutnya
Soal Rebut Suami, Istri Bhakti Perkasa Minta Maaf pada Ria Ricis
Artikel Selanjutnya
Nasihat Pernikahan Seleb Dunia yang Bisa Disontek Raisa-Hamish