Sukses

Pria... Ini Gaya Rambut yang Ternyata Disukai Wanita

Secara teori, tampilan kepala yang dicukur habis dikaitkan dengan dominasi.

Liputan6.com, Philadelphia - Ada suatu masa ketika para pria tak berambut menjadi bahan olok-olok, mulai dari pentol korek, pantulan cahaya yang silau, atau bahkan lalat yang terpeleset di kepala.

Wahai kaum pria botak, jangan bermuram durja lagi. Zaman sudah berubah dan satu penelitian teranyar mengungkapkan bahwa para pria botak paling unggul dalam daya tarik.

Kebotakan bukan lagi sekedar gejala pola kerontokan rambut pada pria, karena cukup banyak kaum pria yang sekarang malah sengaja memangkas licin rambut kepala mereka.

Misalnya, seperti dikutip dari Independent pada Selasa (19/9/2017), lihatlah Mark Strong, Vin Diesel, Jason Statham, dan Lord Voldemort. Bukti berikutya adalah adanya segelintir pria botak yang menikahi para model Victoria's Secret.

Para peneliti dari University of Pennsylvania, Amerika Serikat, menanyai sekelompok mahasiswa dan mahasiswi untuk menilai foto-foto sejumlah pria menurut daya tarik, percaya diri, dan dominasi. Ternyata, kaum pria botak menang dalam semua kategori tersebut.

Secara teori, tampilan kepala yang dicukur habis dikaitkan dengan dominasi. Para peserta secara konsisten menilai kaum pria botak alamiah maupun mereka yang botak secara digital sebagai lebih dominan dan lebih kuat dibandingkan dengan kaum pria berambut tebal maupun rambut menipis.

Menurut laporan penelitian, "Memilih untuk meniadakan rambut bisa dikatakan sebagai bentuk perilaku nonverbal, yaitu suatu bentuk ekpresi yang mengkomunikasikan informasi tentang diri yang sukar untuk diamati.”

Artinya, kaum pria botak dianggap lebih misterius dibandingkan yang berambut.

Tampak Lebih Tua? 

Penelitian itu juga menyimpulkan bahwa anggapan pria botak sebagai lebih dominan berarti "secara ekonomi, mereka akan baik dalam bernegosiasi.”

Tapi tidak semua hal tentang kebotakan bernada positif. Penelitian yang sama mengungkapkan bahwa mencukur habis rambut seorang kepala pria juga membuatnya rata-rata empat tahun lebih tua.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.