Sukses

Serangan Zat Asam di Prancis, Wajah 2 Turis AS Terbakar

Wanita berusia 41 tahun menyiramkan zat asam ke 2 turis AS yang tengah berada di stasiun kereta Marseille, Paris, Prancis, Teror?

Liputan6.com, Marseille - Dua wisatawan AS menjadi korban serangan zat asam klorida yang disiramkan ke wajah mereka di stasiun kereta Marseille. Demikian diberitakan media Prancis.

"Korban, keduanya berusia di awal 20-an. Kini tengah mendapat perawatan di rumah sakit, namun sudah dipulangkan pada Minggu 17 September 2017 waktu setempat," lapor media setempat seperti dikutip dari BBC, Senin (18/89/2017).

Dua anggota lain kelompok mereka juga dilaporkan diserang di Stasiun Saint-Charles, Paris, Prancis. Kendati demikian zat asam tersebut tak mengenai bagian wajah.

Sejauh ini insiden tersebut diduga tak terkait teror. Penyerang yang digambarkan oleh polisi sebagai wanita berusia 41 tahun, dilaporkan dalam kondisi tak stabil secara mental. Ia telah ditangkap.

Laporan tersebut mengatakan bahwa pelaku tetap berada di lokasi setelah serangan tersebut, dan menunjukkan foto dirinya dengan luka bakar.

Kelompok yang menjadi korban serangan zat asam adalah mahasiswa Boston College yang sudah berada selama satu tahun di Eropa. Demikian disampaikan pihak perguruan tinggi tersebut melalui sebuah pernyataan.

"Sepertinya para siswa baik-baik saja... Meski mungkin mereka memerlukan perawatan tambahan untuk luka bakar," jelas pihak kampus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dalam 90 Menit, 4 Serangan Zat Asam Terjadi di London

Sebelumnya, empat serangan zat asam terjadi dalam waktu 90 menit di London Timur, Inggris. Kepolisian Metropolitan pun tengah memburu 2 orang pengendara sepeda motor yang diduga kuat sebagai pelakunya.

Anggota kepolisian Metropolitan mengatakan, serangan tersebut melibatkan substansi 'korosif' yang dilemparkan ke wajah para korban -- yang semuanya telah dilarikan ke rumah sakit.

Seorang juru bicara polisi metropolitan mengatakan, seseorang mengalami luka parah akibat tersiram zat asam tersebut.

Berikut ini kronologi 4 serangan zat asam London yang dikutip dari News.com.au pada 14 Juli 2017:

Juru bicara Kepolisian Metropolitan mengatakan korban pertama adalah seorang pria berusia 32 tahun yang mengendarai sepeda motor. Dia terkena zat asam di wajah saat dua pria yang juga mengendarai kendaraan roda 2 menariknya di Hackney sekitar pukul 10.25 waktu setempat. Salah satu pengendara kemudian mencuri motor korban.

Polisi mengatakan luka-lukanya serius, namun sedang menunggu kabar terbaru mengenai kondisinya.

Serangan zat asam kedua terjadi sekitar 30 menit kemudian di Shorditch High Street. Dalam kasus ini, orang lain yang melemparkan ke wajahnya.

Polisi mengatakan, luka-luka itu tak terlalu membahayakan.

Sekitar 20 menit kemudian, zat asam dilemparkan saat terjadi perampokan di Cazenove Rd, Stoke Newington. Polisi mengatakan korban luka parah.

Kejadian keempat terjadi 20 menit kemudian, di Chatsworth Rd, Clapton. Pengendara motor lainnya diserang saat terjadi kemacetan. Korban telah dilarikan ke rumah sakit.

"Investigasi sedang berlangsung dan petugas dari Hackney saat ini mencoba melacak tersangka yang bersangkutan," jelas pihak kepolisian metropolitan melalui sebuah pernyataan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.