Sukses

Akhiri Masa Tugas, Ini 10 Foto Terbaik yang Diambil Cassini

Liputan6.com, Pasadena - Cassini, membutuhkan tujuh tahun untuk berlayar sejauh 3,5 miliar kilometer menuju Saturnus semenjak diluncurkan pada 1997. Sesampainya di sana pada 2004, pesawat tanpa awak milik NASA itu memperlihatkan sejumlah potret menakjubkan planet bercincin itu.

Setelah 13 tahun mengorbit Saturnus dan membuat sejumlah penemuan menakjubkan, Cassini akan menabrakkan diri ke atmosfer. Suhu tinggi di sana akan menyebabkan Cassini meleleh dan hancur.

Akhir masa tugas Cassini telah direncanakan selama bertahun-tahun untuk melindungi beberapa Bulan Saturnus, seperti Titan dan Enceladus. Dengan cara seperti itu, NASA memastikan bahwa mikroba yang kemungkinan terbawa dari Bumi, tak mengontaminasi kehidupan di sana.

Di orbit terakhirnya yang disebut 'Grand Finale', Cassini lebih mendekat ke Saturnus dari sebelumnya. Pesawat itu pun mengabadikan sejumlah foto permukaan dan cincin Saturnus yang menakjubkan.

Dikutip dari The Verge, Jumat (15/9/2017), berikut 10 foto terbaik yang pernah diabadikan Cassini selama 13 tahun bertugas.

1. Ekuinoks Saturnus

Pada 12 Agustus 2009, Cassini menjadi wahana tanpa awak pertama yang memotret ekuinoks Saturunus dari dekat. Dalam foto tersebut, warna dan tekstur Cincin Saturnus dapat dilihat lebih jelas dibanding sebelumnya.

2. Pusaran Badai di Kutub Utara Saturnus

Pusaran badai di kutub utara Saturnus (NASA/JPL-Caltech/SSI)

Pusaran badai di kutub utara Satrunus berukuran sangat besar, yakni seluas 2.011 km dengan kecepatan 531 km per jam. Foto tersebut diambil dengan menggunakan kamera bersudut sempit Cassini pada 27 November 2012.

Warna yang terdapat di foto tersebut tak merefleksikan warna badai sesungguhnya. Merah mengindikasikan awan rendah dan hijau kebalikannya.

3. Awan di Kutub Selatan Saturnus

Awan di kutub selatan Saturnus (NASA/JPL-Caltech/Space Science)

Foto sejumlah awan di kutub selatan Saturnus merupakan gabungan dari sejumlah foto yang diambil oleh kamera bersudut lebar pada 20 Juli 2016.

Kamera tersebut menggunakan filter yang sensitif terhadap inframerah. Dengan teknologi, peneliti dapat menangkap bagaimana metana terserap atau tersebar di atmosfer Saturnus.

4. Bulan Saturnus, Enceladus

Enceladus, salah satu bulan Saturnus (NASA/JPL/Space Science Institute)

Foto tersebut merupakan gabungan dari 21 gambar yang diambil saat Cassini berada di dekat Enceladus pada 9 Maret hingga 14 Juli 2005.

5. Bulan Saturnurs, Titan

Titan, salah satu bulan Saturnus (NASA)

Foto tersebut diambil oleh Cassini pada 13 November 2015, di mana gambar itu memungkinkan kita melihat kabut dan sejumlah di permukaan Titan dengan lebih jelas.

 

1 dari 2 halaman

Cincin Saturnus

6. Heksagonal Saturnus

Heksagonal di Saturnus (NASA/JPL-Caltech/SSI/Hampton University)

Pusat segi enam yang ada di sana merupakan mata sebuah badai yang 50 kali lebih besar dari rata-rata badai di Bumi. Sementara itu, badai yang lebih besar adalah titik putih di bawah mata badai heksagonal yang memiliki lebar sebesar 3.540 km.

7. Cincin Saturnus

Cincin Saturnus (NASA/JPL-Caltech/Space Science Institute)

Saturnus adalah planet yang terkenal akan cincinnya. Berbeda dengan foto sebelumnya, warna cincin tersebut terdiri dari beberapa gradasi, yakni hitam, abu-abu, dan putih.

8. Bulan Saturnus, Pan

Pan, salah satu bulan Saturnus (NASA/JPL/Space Science Institute)

Pan adalah bulan terdekat dari Saturnus yang memiliki lebar 32 kilometer. Tak seperti bulan launnya, Pan berbentuk lonjong dengan tonjolan di tengahnya.

9. Bumi Dilihat dari Saturnus

Bumi dilihat dari Saturnus (NASA)

Dalam sebuah foto yang diambil Cassini pada 19 Juli 2013, terlihat penampakan Bumi. Kala itu, kedua planet berjarak 1,5 juta km dan Bumi terlihat seperti titik putih kecil yang melayang di alam semesta.

10. Peluncuran Cassini

Momen saat Cassini diluncurkan pada 15 Oktober 1997 (NASA)

Casini diluncurkan untuk memulai eksplorasinya pada 15 Oktober 1997 dari Pangkalan Udara Cape Canaveral. Dibutuhkan perjalanan selama tujuh tahun sebelum Cassini dapat tiba di Saturnus.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Putri Kedua Lahir, Mark Zuckerberg Tulis Surat Cinta
Artikel Selanjutnya
Iniesta Buka Kemungkinan Hengkang dari Barcelona