Sukses

Menkeu AS Minta Diantar Jet Milik Negara Saat Pergi Bulan Madu?

Liputan6.com, Washington, DC - Menteri Keuangan Amerika Serikat Steve Mnuchin (54) dikabarkan meminta fasilitas jet milik pemerintah untuk pergi bulan madu ke sejumlah negara di Eropa. Dugaan ini tengah diselidiki oleh Inspektur Jenderal Departemen Keuangan AS.

Menurut laporan ABC News, Mnuchin meminta fasilitas berupa sebuah pesawat milik Angkatan Udara AS -- biaya operasional jet tersebut dilaporkan sekitar US$ 25 ribu per jam -- untuk mengangkut ia dan istrinya Louise Linton (34) ke Skotlandia, Prancis, dan Italia pada musim panas lalu.

Mnuchin sendiri baru melangsungkan pernikahan dengan Linton pada Juni lalu. Pesta mewah keduanya turut dihadiri oleh Presiden Donald Trump dan Ibu Negara Melania Trump.

Seorang juru bicara Departemen Keuangan mengatakan kepada ABC News bahwa Mnuchin yang merupakan seorang bankir di Goldman Sachs meminta fasilitas jet tersebut demi memastikan jalur komunikasinya aman. Namun, Mnuchin membatalkan permintaan tersebut setelah menemukan cara lain.

Juru bicara tersebut mengatakan, "Menkeu adalah anggota Dewan Keamanan Nasional dan bertanggung jawab atas Kantor Terorisme dan Intelijen Keuangan. Sangat penting bagi dia memiliki akses komunikasi yang aman dan adalah tugas kami untuk mempertimbangkan berbagai pilihan demi memastikan ia mendapat fasilitas tersebut selama perjalanannya, termasuk kemungkinan penggunaan pesawat militer".

Bepergian dengan pesawat militer biasanya diperuntukkan bagi anggota kabinet yang berhubungan langsung dengan keamanan nasional.

Isu ini kabarnya dijadikan senjata oleh kubu Demokrat. Ron Wyden, salah satu tokoh penting Demokrat yang duduk di Komite Keuangan Senat mengungkapkan, "Anda tidak butuh buku panduan untuk mengatakan, ini salah."

Seperti dikutip dari The Guardian pada Kamis (14/9/2017), Mnuchin sebelumnya sudah menghadapi penyelidikan terkait dengan perjalanannya bersama sang istri ke Fort Knox pada 21 Agustus, bertepatan dengan saat terjadinya Gerhana Matahari di AS. Counsel Rich Delmar mengatakan kala itu, "Kami tengah mengevaluasi perjalanan Menteri pada 21 Agustus...untuk memastikan bahwa itu sesuai dengan kebijakan, etika, hukum dan sebagainya".

Pihak Mnuchin bersikeras bahwa keberadaan sang menteri di sana untuk menghadiri pertemuan mengenai reformasi pajak, bukan menyaksikan fenomena Gerhana Matahari. Disebutkan pula bahwa pasangan itu akan mengganti biaya perjalanan yang digunakan istri Mnuchin.

Namun, pada hari Senin lalu, Citizens for Responsibility and Ethics di Washington mendesak Departemen Keuangan untuk merilis dokumen yang berkaitan dengan perjalanan tersebut. "Kami mendesak untuk segera diungkapkan karena rakyat AS berhak mendapat lebih banyak informasi".

Pasangan Penuh Kontroversi

Beberapa waktu lalu, istri Mnuchin juga menuai kontroversi setelah memamerkan barang-barang mewahnya di Instagram. Ia juga bereaksi keras terhadap seorang pengguna Instagram yang mengomentari unggahannya.

Persoalan ini berawal dari sebuah foto yang diunggah Linton pada Senin lalu. Dalam potret yang diambil di Kentucky itu, Linton terlihat sedang menuruni anak tangga pesawat bersama suaminya. Burung besi yang ditumpanginya bukan jet pribadi, melainkan pesawat milik pemerintah AS.

Kedatangan Linton ke Kentucky untuk mendampingi Mnuchin yang memiliki agenda membahas reformasi pajak dengan pemimpin mayoritas Senat Mitch McConnell. Selain itu, Mnuchin juga akan mengunjungi Fort Knox, pangkalan militer AS.

Mengenakan kacamata hitam, berpakaian serba putih, Linton membawa tas tangan dan syal sutra. Dalam unggahannya, perempuan berusia 36 tahun men-tag sejumlah desainer kelas atas dunia, seperti Hermes, Roland Mouret, Tom Ford, dan Valentino.

"Great #daytrip to #Kentucky! #nicest #people #beautiful #countryside #usa," tulis Linton.

Unggahan Linton tersebut dikomentari oleh pengguna Instagram bernama Jenni Miller. Ia adalah ibu tiga anak asal Oregon. "Senang bisa membiayai liburanmu. #sangatmenyedihkan," tulis pemilik akun @jennimiller29 tersebut.

Komentar Miller ini lantas dibalas Linton dengan nada sarkastis.

"@jennimiller29 cute! Aw!!! Apakah menurutmu ini perjalanan pribadi?! Adorable! Menurutmu pemerintah AS membiayai bulan madu atau perjalanan pribadi kami?! Lololol," tulis Linton.

"Sudahkah kamu berkontribusi lebih banyak dalam ekonomi dibanding saya dan suami saya?...Saya yakin kami membayar lebih banyak pajak di dalam 'perjalanan' kami hari ini jika dibandingkan dengan kamu."

Belakangan, unggahan Linton itu sudah dihapus. Melalui sebuah pernyataan yang diumumkan humasnya, ia menyampaikan, "Saya minta maaf atas unggahan saya di media sosial kemarin, demikian juga respons saya. Itu tidak tepat dan sangat tidak sensitif."

Artikel Selanjutnya
7 Agen Travel Umrah Utang Rp 4,6 M, Suami WNI di Dubai Masuk Bui
Artikel Selanjutnya
Pengalaman Jemaah yang 2 Kali Berangkat Umrah dengan First Travel