Sukses

8 Lansia Tewas di Panti Jompo di Tengah Terjangan Badai Irma

Liputan6.com, Miami - Delapan orang tewas di sebuah rumah perawatan bagi lansia atau panti jompo di Florida, Amerika Serikat, di tengah terjangan Badai Irma.

Polisi mengevakuasi 115 orang dari fasilitas yang sudah beberapa hari tak teraliri listrik itu. Wali Kota Broward County, Barbara Sharief, mengatakan bahwa tiga orang ditemukan tewas di panti jompo sedangkan lima lainnya meninggal di rumah sakit.

Dikutip dari BBC, Kamis (14/9/2017), sebanyak 10 juta orang di Florida, Georgia, North Carolina, dan South Carolina masih belum dapat teraliri listrik setelah Badai Irma menghantam.

Badai tersebut menewaskan setidaknya 17 orang di barat daya Florida. Sebelumnya, badai tersebut merenggut nyawa hampir 40 orang di Karibia.

Kepala Kepolisian Hollywood, Tomas Sanchez mengatakan, pusat rehabilitasi di Hollywood Hills itu telah ditutup setelah ditemukan korban tewas. Polisi pun tengah melakukan penyelidikan kriminal.

"Ini mungkin terkait dengan terputusnya aliran listrik saat badai," ujar Sanchez.

Ia menambahkan, petugas kepolisian sedang memeriksa 42 fasilitas perawatan lain di seluruh kota.

Gubernur Florida, Rick Scott telah memerintahkan petugas darurat untuk memeriksa fasilitas perawatan dan sejenisnya untuk memastikan bahwa mereka yang ada di sana dalam keadaan aman usai Badai Irma menerjang.

Salah seorang pekerja dapur fasilitas perawatan, Jean Lindor, mengatakan kepada Miami Herald bahwa para staf dapat memasak dengan menggunakan generator. Namun, pendingin udara tak dapat dinyalakan di tengah suhu panas yang mencapai 32 derajat Celcius.

 

1 dari 2 halaman

Nasib Lansia di Tengah Badai Irma

Diperkirakan sebanyak 150 dari 700 fasilitas perawatan lansia di Florida tak mendapat aliran listrik secara penuh.

Menurut Florida Health care Association, Florida merupakan rumah bagi 680 panti jompo dengan jumlah penghuni sekitar 73.000 orang. Fasilitas tambahan di seluruh negara bagian melayani tambahan 92.000 penghuni.

Namun kekhawatiran akan keamanan 3,6 juta warga lansia Florida terus meningkat seiring upaya pejabat untuk mengembalikan listrik di tengah suhu yang terik.

Wali Kota Miami, Dade Carlos Gimenez mengatakan, para pejabat menyediakan es ke 27 panti jompo yang fasilitasnya tak teraliri listrik. Lebih dari separuh komunitas pensiunan di Pembroke Pines, Florida, tak dapat mengakses lift.

Cape Coral Shores merawat 20 pasien lansia selama badai di tempat penampungan darurat setempat setelah Badai Irma menerjang pesisir.

Akibat Badai Irma, warga Florida harus menanggung sejumlah kerusakan. Pihak berwenang memperkirakan 25 persen rumah di Florida Keys hancur dan 65 persennya mengalami kerusakan besar.

Presiden AS Donald Trump dijadwalkan akan mengunjungi kota-kota di Florida yang terdampak paling parah, Naples dan Fort Myres. Kedatangannya untuk melihat kerusakan akibat badai.