Sukses

13-9-1980: 24 Hari Hilang, Beruang Bintang Televisi Ditemukan

Liputan6.com, Edinburgh - Seekor beruang yang hilang di sebuah pulau di Skotlandia ditemukan pada 13 September 1980. Hewan tersebut tak diketahui keberadaannya saat sedang syuting untuk iklan televisi produk Kleenex.

Beruang bernama Hercules tersebut ditemukan setelah pencarian besar-besaran yang melibatkan ratusan relawan dilakukan selama 24 hari. Kala ditemukan, hewan dengan tinggi 2,5 meter dan berbobot 500 kg sedang berenang.

Hercules lalu ditembak dengan panah yang mengandung obat penenang, ditangkap menggunakan jaring, dan diterbangkan menggunakan helikopter. Ia diterbangkan ke tempat pawangnya, pegulat Andy Robin, yang telah menunggu hewan kesayangannya itu dengan gelisah.

Begitu mendarat, Hercules, diberi penawar obat penenang untuk mencegahnya masuk ke fase koma. Ia pun dipijat perlahan untuk memulihkan kesadarannya.

"Ini adalah momen luar biasa -- tidak hanya untuk saya karena Hercules membawa banyak kesenangan bagi banyak orang," ujar Robin seperti dilansir dari BBC On This Day.

Menurut laporan, beruang itu kehilangan bobot hingga 127 kg saat hilang. Saat ditemukan, ia langsung mengonsumsi 120 liter susu dan puluhan telur.

Beruang Hercules setelah ditemukan dan diangkut menggunakan helikopter. (BBC)

Hercules adalah hewan peliharaan Robin yang dibelinya dari sebuah taman margawatwa di Aviemore, Skotlandia, pada 1975.

Semenjak Hercules menghilang, Robin berencana memasang alat pelacak di tubuh hewan tersebut.

Hercules menjadi makin terkenal semenjak hilang selama tiga minggu.

Ia tampil reguler di televisi anak-anak pada 1980-an. Hercules juga berperan sebagia cameo di film James Bond, Octopussy, dan tampil di sejumlah acara bincang-bincang Hollywood.

Beruang itu juga menjadi sampul majalah Time dan turut mempromosikan kontes Miss World.

Namun saat syuting sebuah film Disney, Hercules terjatuh. Tulang punggungnya bermasalah dan ia mengalami kelumpuhan. Ia tak pernah sembuh total dan mati pada 4 Februari 2000.

Selain ditemukannya Hercules, di tanggal yang sama pada tahun berbeda Super Mario Bros dirilis oleh Nintendo Entertainment System. Tepatnya tanggal 13 September pada 1985.

Peristiwa besar lain juga tercatat di tanggal yang sama pada 1993. Untuk kali pertama di depan publik, pemimpin Israel dan Palestina berjabat tangan. Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin dan Presiden Palestina Yasser Arafat bertemu dan sepakat berdamai di Washington DC, Amerika Serikat.

Artikel Selanjutnya
Lima Pendaki Tewas di Pegunungan Alpen Austria