Sukses

Pasca-Uji Coba Rudal Korut, Istri Kim Jong-un Tampil di Publik

Pasangan Kim Jong-un dan Ri Sol-ju dikabarkan baru dikaruniai anak ketiga yang lahir pada Februari 2017.

Liputan6.com, Pyongyang - Ri Sol-ju, istri pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, kembali tampil di muka publik. Ia menghadiri perjamuan mewah yang diadakan untuk merayakan kesuksesan uji coba nuklir berupa bom hidrogen pada Minggu, 3 September lalu.

Perempuan berusia 27 tahun itu tak henti menebar senyum saat mendampingi sang suami. Perjamuan mewah itu sendiri berlangsung pada 9 September, bertepatan dengan hari jadi ke-69 Korut.

Wajah Kim Jong-un semringah. Riuh tepuk tangan mengiringi ia dan istrinya kala pasangan itu berjalan menuju kursi yang diperuntukkan khusus bagi mereka. Perjamuan mewah yang digelar di Pyongyang Grand Theatre diawali dengan lagu-lagu patriotik dan tarian lokal.

Kim Jong-un dikabarkan tak henti-hentinya memuji Kepala Institut Senjata Nuklir Korut Ri Hong-sop dan Wakil Direktur Partai Buruh di Departemen Industri Amunisi Korut Hong Sung-mu karena "memimpin" dalam "mencapai tujuan akhir penyelesaian pembangunan nuklir dan ekonomi".

Dua sosok ini masuk dalam daftar hitam tokoh yang dikenakan sanksi oleh Korea Selatan, PBB, dan Amerika Serikat.

Ri Sol-ju terakhir kali diketahui tampil di muka umum pada Juli lalu setelah "menghilang" sejak 2016. Sama seperti penampilan teranyarnya, kala itu ia juga mendampingi Kim Jong-un hadir dalam perjamuan untuk merayakan keberhasilan uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM).

Kehidupan pribadi sang pemimpin Korut

Ri Sol-ju diyakini telah menarik perhatian Kim Jong-un pada 2010. Saat itu, ia merupakan anggota dari orkestra Unhasu.

Pada Juli 2012, media pemerintah mengonfirmasi bahwa pasangan tersebut telah menikah. Namun, tidak disebutkan tanggal pernikahan keduanya.

Pada 2016, Ri Sol-ju dilaporkan menghilang selama tujuh bulan. Kekhawatiran yang muncul kala itu menyebut bahwa Ri Sol-ju telah kehilangan dukungan dan dieksekusi. Namun, pada Desember 2016, perempuan cantik itu kembali menampakkan diri.

Kantor berita Yonhap menghubungkan "hilangnya" Ri Sol-ju berhubungan dengan kehamilannya. Teranyar, pasangan itu dikabarkan baru saja memiliki anak ketiga yang lahir pada Februari 2017.

Penampilan teranyar Ri Sol-ju saat mendampingi Kim Jong-un pada 9 September 2017 (AFP)

Jenis kelamin ketiga buah hati mereka tidak pernah diungkapkan ke publik. Pengamat Korut berspekulasi bahwa Ri Sol-ju telah "dipaksa" untuk melahirkan anak laki-laki, karena dua anak pertamanya adalah perempuan.

Mantan bintang NBA, Dennis Roadman, yang juga merupakan teman dekat Kim Jong-un, membocorkan bahwa Ri Sol-ju terus membicarakan bayi perempuannya yang cantik selama kunjungannya ke Korut pada 2013.

Hidup di negara yang menutup diri dari dunia luar, tidak membuat Ri Sol-ju "ketinggalan" dalam gaya berbusana. Ia bahkan diyakini cukup melek mode.

Pada 2012, Ri Sol-ju memicu kegaduhan internasional saat ia menenteng tas tangan Christian Dior seharga US$ 1700 ketika 84 persen rakyat Korut menderita kekurangan pangan.

Laporan Komisi Penyelidikan Komisi PBB pada tahun yang sama memperkirakan bahwa Kim Jong-un menghabiskan lebih dari 745 juta dolar Australia untuk membeli barang-barang mewah, termasuk kosmetik, tas tangan, produk kulit, jam tangan, elektronik, mobil, dan minuman beralkohol.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.