Sukses

Bulu Mata hingga Kaki Terpanjang, Ini 18 Rekor Paling Aneh Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Berkat keunikan dalam berbagai hal yang kemudian diakui dunia, rekor pun tercapai. Pengakuan biasanya diberikan oleh Guinness World Records.

Setiap tahunnya, rekor dunia yang dicatat oleh badan tersebut berbeda-beda.

Tahun ini, seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (7/9/2017), beberapa rekor baru yang dicatat seperti wanita pemilik bulu mata terpanjang hingga kelinci pemain bola basket dan seorang pemberani yang melompat lebih dari ketinggian sekitar 3 meter dengan tongkat pogo.

Prestasi luar biasa dari pemegang rekor di seluruh dunia itu kali ini sudah memasuki edisi ke-63, dengan pencapaian beragam dan bahkan belum pernah dilakukan sebelumnya.

Berikut ini selengkapnya:

1. Jumlah Orang Terbanyak di Mobil Van

50 orang pemberani nekat menjejalkan diri mereka di dalam mobil van keluaran tahun 1974, demi memecahkan rekor dalam buku Guinness World Records terbaru. Meski terlihat tak nyaman dengan wajah menempel ke jendela dan nyaris tidak bernafas, upaya mereka tak sia-sia.

Kegigihan mereka akhirnya membuahkan hasil dengan pencatatan aksi mereka di buku rekor dunia tersebut.

Sejatinya, kendaraan tersebut maksimal ditumpangi 6 orang. Tanpa modifikasi mobil dan tak ada pencopotan kursi, sebanyak 50 orang berhasil masuk ke dalam van sepanjang 4,2 meter di Busfest, Festival Van pada tahun 2015.

Upaya tersebut diselenggarakan oleh Comfort Insurance untuk mengumpulkan dana bagi Make-A-Wish Foundation.

2. Kuku Terpanjang di Dunia

Wanita bernama Ayanna Williams ini mengklaim sebagai pemilik kuku tangan terpanjang di dunia.

 

Ayanna Williams, pemilik kuku terpanjang. (Kevin Scott Ramos/Guinnes Worlds of Records)

Sosok kelahiran Houston, Texas itu terinspirasi untuk menumbuhkan kukunya hampir selama 23 tahun yang lalu. Kini mencapai 576,4 cm.

Untuk merawat kukunya, Ayanna menghindari kegiatan mencuci piring dan menggunakan sabun anti bakteri serta kuas kuku untuk membersihkannya setiap hari. Lalu ia mengoleskan cairan penguat kuku biasa dan lapisan tipis akrilik (yang bisa memakan waktu hingga satu minggu untuk mengolesnya).

Dia mengaku tak terganggu melakukan tugas sehari-hari, kecuali menarik celana panjangnya.

 

1 dari 4 halaman

Binaragawan Tertua Hingga Kelinci Slam Dunk

3. Binaragawan Tertua

Jim Arrington tercatat dalam buku rekor sebagai binaragawan tertua. Karirnya sebagai body builder profesional sangat mengesankan di usia 85 tahun 6 hari.

Pria yang dijuluki skinnybones saat muda, Jim yang merupakan ayah dan kakek dari Venesia, California, telah menjalani binaraga selama 70 tahun terakhir. Ia sudah mengikuti 62 kompetisi dan menang 16 kali.

4. Bulu Mata Terpanjang

You Jianxia dari Changzhou, Jiangsu, China, meraih gelar pemilik bulu mata terpanjang.

Bulu mata atasnya itu berukuran panjang 12,40 cm (4,88 in). Ia pertama kali menyadari pertumbuhan bulu matanya saat melakukan perawatan alami selama 18 bulan pada 2013.


5. Ekor Terpanjang pada Kucing Peliharaan Hidup

Kucing jenis Silver Maine Coon, Cygnus dari Ferndale, Michigan, juga tercatat dalam buku rekor tersebut. Gara-garanya ia memiliki ekor terpanjang yakni 44,66 cm.

Cygnus adalah anggota keluarga yang memecahkan rekor seperti saudaranya, Arcturus Aldebaran, yang juga memegang gelar sebagai kucing peliharaan tertinggi yang masih hidup setinggi 48,4 cm.

Rekor dunia. (Guinness Worlds Records)

6. Rambut Tertinggi

Benny Harlem dari Los Angeles, California, mencapai ketinggian baru rambutnya.

Rambutnya saat ini setinggi 52 cm (20,5 inci), telah membantunya mendapatkan rekor.

Pria berusia 26 tahun itu mengatakan bahwa menata rambutnya menjadi bentuk yang bisa berdiri memakan waktu lebih dari dua jam.

7. Kelinci dengan Slam Dunk Terbanyak

Sebagian besar pelaku slam dunk di olah raga bola basket biasanya manusia. Tapi yang satu ini adalah seekor kelinci.

Dalam satu menit, kelinci tersebut berhasil memasukkan tujuh bola basket mini. Rekor tersebut diraih oleh Bini the Bunny di California, AS, pada tanggal 31 Oktober 2016.

Bini adalah kelinci Holland Lop berusia empat tahun yang dilatih oleh Shai Asor.

 

2 dari 4 halaman

Koleksi Boneka Beruang Hingga Batman Terbanyak

8. Koleksi Boneka Beruang Terbanyak

Jackie Miley dari Rapid City, Dakota Selatan tadinya hanya memiliki satu beruang pada tahun 2000. Saat itu ia beri nama Grandma Jackie. Kini koleksinya mencapail 9.025 dan ditempatkan dalam tempat bernama Teddy Bear Town.

Jumlah bonek tersebut membawa nenek berusia 68 tahun itu sebagai pemilik koleksi boneka beruang terbanyak di dunia.

Beruangnya berasal dari seluruh negara bagian AS dan 29 negara lain.

Meskipun dia tidak memiliki favorit, dia yang paling sentimental adalah beruang saat ia di bangku sekolah dasar.

9. Koleksi Cozy Coupe Terbesar

John dan Geof Bitmead dari Ambrosden, Inggris, memiliki koleksi Coupe Cozy terbesar.

Bitmeads, Attitude Autos, mengembangkan unit tersebut setelah mengobrol dengan rekannya di toko otomotif tentang coupe kecil yang dia buat untuk anaknya sendiri. Mereka memasukkan pedal ke logam dengan Coupe Cozy yang layak jalan (dijuluki 'Toytown Coupe') dengan tinggi 2,7 meter.

10. Lompatan Tertinggi Menggunakan Tongkat Pogo

Biff Hutchison, penduduk asli Burley, Idaho, pertama kali mengambil pogo stick pada usia 10 tahun. Sejak saat itu ia selalu memainkannya.

Biff, seorang profesional Extreme Pogoer mencapai lonjakan tertingginya setinggi 3,36 meter pada 12 Oktober 2016.

Dia adalah orang pertama yang berhasil mencapai ketinggian tersebut. Sebelumnya hanya hingga 2,93 meter pada tahun 2013 dan 2,98 meter di 2014.

Lalu pada ketinggian 3,06 meter pada tahun 2015 menyamai rekor Dmitry Arsenyev dari Rusia, dan 3,2 meter setara dengan Dalton Smith dan Nic Patino.

Rekor Dunia 2018. (Guinness World Records)

11. Kucing Peliharaan Tertinggi yang Pernah Ada

Kucing Savannah berusia dua tahun, Arcturus Aldebaran Powers, sekarang menjadi bagian dari keluarga Guinness World Records, Ia berhasil masuk ke dalam kategori Amazing Animals dari Guinness World Records.

Binatang berbulu dari Farmington Hills, Michigan itu tinggal bersama pemiliknya Will dan Lauren sejak baru berumur dua bulan.

Menurut sang pemilik, kini tingginya 48,4 cm dengan berat sekitar 30 kilogram. Arcturus makan sekitar satu setengah pon makanan setiap hari. Sebenarnya, dia begitu tinggi sehingga dia bisa berdiri dan bersandar di meja makan.

12. Koleksi Memorabilia Batman Terbesar

Koleksi terbesar memorabilia Batman yang tercatat dalam rekor adalah milik Brad Ladner. Jumlahnya 8.226 item yang berbeda.

Koleksi itu diverifikasi di Roswell, Georgia, AS, pada 11 April 2015.

Brad mulai mengumpulkan koleksinya pada tahun 1988, ketika 'Batman: A Death in the Family' berjaya.

 

3 dari 4 halaman

Antena Hingga Lengan Prostetik Pertama

13. Bola Lapis Cat Terbanyak

Lapisan paling banyak dalam bola cat sekitar 17.994 pada bola basket dimiliki oleh Michael Carmichael dari Alexandria, Indiana, AS.

Sejak pertama kali mengecat bola pada tahun 1977, ia dan istrinya Glenda telah menambahkan hampir dua lapis cat per hari. Pada bulan Juni 2004, bola memiliki lingkar 2,77 meter.

14. Antena Implan Pertama

Antena implan pertama ditanamkan pada seniman buta warna Neil Harbisson, dari Inggris, ke belakang tengkoraknya tahun 2004. Benda itu memungkinkan pria tersebut secara efektif mengetahui warna, saat antena mengubah gelombang cahaya menjadi gelombang suara dan mentransmisikan ke telinga bagian dalamnya.

Antena itu juga dapat terhubung ke internet dan membuatnya bisa menerima panggilan telepon.

15. Kereta dorong Terbesar

Kereta dorong atau kereta bayi terbesar ini memiliki panjang 1,38 m dan dicapai oleh Jamie Roberts dan Tom Koltun di Chicago, Illinois, AS. Diverifikasi pada 19 September 2016.

Rekor dunia 2018. (Guinness World Records)

16. Kaki Wanita Terpanjang

Model profesional tertinggi pemilik kaki terpanjang itu adalah Ekaterina Lisina dari Rusia. Tingginya mencapai 205,16 cm, di Labinsk, Rusia, pada 20 Juli 2017.

Kaki kiri terpanjang milik Ekaterina Lisin berukuran 132,8 cm dan kanannya 132,2 cm. Diukur di Penza, Rusia, pada 13 Juni 2017.

17. Pemakan Mustard (Tabung) Terbanyak Dalam 30 Detik

Adalah Jerman Andre Ortolf yang memecahkan rekor tersebut. Termasuk menjadi pembuka gabus botol sampanye terbanyak dalam satu menit (12 buah), dan pengonsumsi Marmite terbanyak dalam semenit sebanyak 252 gram.

18. Lengan Prostetik Pertama untuk Melukis Tato

Lengan prostetik untuk tato pertama diciptakan pada 2016. Dipakai oleh seniman, JC Sheitan Tenet dan diciptakan oleh seniman sekaligus insinyur, JL Gonzal.

Pelukis tato di Lyon, paris itu kehilangan lengannya hingga batas siku hampir 23 tahun lalu, dan menantang dirinya untuk menggunakan benda prostetik sebagai penggantinya.

Tenet lalu menggunakannya dan selalu membuat takjub para pelanggannya sejak itu.

Artikel Selanjutnya
7 Hal Paling Aneh di Dunia Ada dalam Buku Misterius Ini
Artikel Selanjutnya
Pria Ini Kalahkan Rekornya Sendiri Bawa Gelas Bir Terbanyak