Sukses

Detik-Detik Pawang Ular Asal Australia Jinakkan Piton 1,7 Meter

Liputan6.com, Queensland - Warga Queensland, Australia dikejutkan dengan penemuan seekor ular tipe eastern brown berukuran 1,7 meter. Hewan melata berbahaya itu muncul secara tiba-tiba di salah satu rumah warga.

Dikutip dari laman News.com.au, Kamis (7/9/2017), warga yang panik segera memanggil seorang pawang yang dikenal ahli dalam menjinakkan ular berbahaya.

Tony Harrison dari Gold Coast dan Brisbane Snake Catchers dipanggiluntuk menangkap seekor ular yang kerap disebut sebagai piton karpet.

Penemuan ular ini terjadi ketika salah satu warga di perumahan tersebut akan memulai aktivitasnya di pagi hari.

"Ketika suami saya bangun dan berencana pergi ke kantor, ia melihat ada benda aneh yang bergerak-gerak di bawah terpal," ujar penghuni rumah.

"Saat dibuka, ternyata di balik terpal itu ada seekor ular. Tak main-main, jenisnya adalah piton karpet. Untuk itu, suami saya memanggil Tony yang sudah lama dikenal sebagai penakhluk ular," tambahnya.

Tony mengatakan, ular piton itu bersikap dingin dan tak melawan sama sekali. Maka dari itu, proses penangkapannya tak terbilang sulit -- meski memiliki ukuran besar.

Saat ia mulai mencoba mengangkat tubuh ular dengan alat bantu, Tony mulai merasakan berat badan ular tersebut. Jika diterka-terka, ular itu bisa mencapai 3,5 kilogram.

Menurut Tony, salah satu alasan seekor ular berukuran besar tiba-tiba keluar dan menyelinap masuk ke rumah warga karena suhu panas di sebuah wilayah.

Ditambah lagi musim kawin ular yang sebentar lagi akan berlangsung di Australia -- menuntut ular berpindah dari tempatnya.

1 dari 2 halaman

King Kobra Masuk Rumah

Ular masuk rumah tak hanya terjadi di Australia. Hal yang sama menimpa keluarga di Negeri Jiran. 

Kala itu, pada Minggu 11 Juni 2017, keluarga di Malaysia kedatangan tamu tak diundang yang amat menakutkan berupa ular raksasa jenis king cobra. Kehadiran reptil berbisa sepanjang lima meter itu direkam oleh Derrick YiFan, saat ia tengah merayap di bawah perabotan di rumahnya di Batu Pahat, Johor, Malaysia.

"Aku pikir ini hanya ada di tayangan fiksi ilmiah! Aku tidak percaya melihat ular sebesar itu dengan mataku sendiri!. Rekaman ini diambil di Batu Pahat pada 18 Juni sekitar pukul 16.00, ketika aku mendengar ada suara-suara di luar dan menemukan reptil raksasa itu," tulis YiFan menyertai unggahan videonya.

"Tidak mungkin mencegahnya menyelinap masuk. Untungnya, tidak ada seorang pun di rumah ini (kecuali aku)," imbuh YiFan.

Dalam rekaman tersebut, terdengar suara YiFan mengusir ular besar itu ketika merayap di lantai. Tak berapa lama, reptil tersebut akhirnya melesat ke celah antara pintu depan dan bagian dalam, sebelum menghilang melalui sebuah lubang.

YiFan mengaku bahwa ia yakin si ular sudah pergi, tetapi ia khawatir reptil tersebut akan kembali lagi nanti.