Sukses

6-9-1915: Untuk Pertama Kali Prototipe Tank Diproduksi

Liputan6.com, London - Tepat hari ini pada 1915, sebuah prototipe tank yang dijuluki Little Willie diperlihatkan untuk pertama kali ke hadapan publik Inggris.

Dikutip dari laman History.com, Rabu (6/9/2017), pembuatan Little Willie dianggap sukses karena mampu beroperasi meski berukuran besar dan punya bobot yang berat.

Bebannya mencapai 14 ton, mampu berjalan meski terjebak dalam parit dan dapat berjalan di atas permukaan tanah yang kasar.

Negeri Ratu Elizabeth II tersebut mengembangkan sebuah kendaraan militer bernama tank atas permintaan dan kebutuhan Perang Dunia I.

Pada tahun 1914, seorang kolonel tentara Inggris bernama Ernest Swinton dan Sekretaris Komite Petahanan bernama William Hankey tengah memperjuangkan gagasan tentang kendaraan lapis baja yang sangat dibutuhkan pada masa perang dunia tersebut.

Karena medan perang yang tak selalu datar, para pejuang membutuhkan sebuah kendaraan kuat yang mampu berjalan menembus garis musuh dan melintasi wilayah yang sulit. Untuk itu, kedua sosok tersebut memikirkan pembuatan kendaraan super kuat tersebut.

Demi menjaga kerahasian proyek pembuatan kendaraan dari musuh, para pekerja selalu mengaku tengah membuat kendaraan besar sebagai mesin pengangkut air ke medan perang.

Maka dari itu, bentuk bagian atas tank menyerupai tempat penyimpanan air -- sebagai alasan mengecoh musuh.

Prototipe tank pertama dikenal sebagai Little Willie. Kekurangan dari kendaraan generasi pertama ini adalah mesin terlalu mudah panas dan belum mampu secara sempurna menyeberangi parit.

Prototipe tank kedua kemudian diproduksi pada tahun 1916 -- yang dikenal sebagai Big Willie. Pada kali ini, lapisan baja dibuat agar kendaraan tahan terhadap serangan peluru. Produksi kedua pertama kali diturunkan dalam pertempuran Somme di Prancis.

Produksi tank kian menjamur, seakan-akan kebutuhan tank sebagai alat perang dan transportasi militer kian dianggap penting.

Hingga Perang Dunia II, tank menjadi kendaraan wajib bagi para tentara ketika berhadapan dengan musuh.

Selain produksi tank pertama, ditanggal yang sama tahun 1901, Presiden Amerika Serikat, William McKinley, ditembak oleh seorang pemuda yang tertarik dengan ideologi sosialis dan anarkis, Leon Czolgosz. Ia tewas setelah dua peluru menghujam dadanya.

Alasan Czolgosz yang merupakan imigran Polandia menembak McKinley adalah karena ia meyakini bahwa presiden AS tersebut korupsi. Atas perbuatannya Czolgosz pun dieksekusi mati dengan menggunakan kursi listrik pada 29 Oktober 1901.

Sementara, pada tahun 1997, dunia mengucapkan selamat tinggal kepada Putri Diana. Prosesi pemakaman Princess of Wales di London disiarkan langsung ke seluruh penjuru dunia, disaksikan kurang lebih 2,5 miliar orang.

Simak video berikut:

Artikel Selanjutnya
Mini Siapkan Mobil Mungil Terbuas, Cek Detailnya
Artikel Selanjutnya
Honda CR-V Hybrid Siap Mengaspal, Seberapa Canggih?