Sukses

Top 3: Kisah 4 Pedang Paling Bersejarah

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sejarah manusia, ada masanya ketika peperangan dilakukan dengan berhadapan muka. Pedang pun pernah menjadi andalan. Kisah sejumlah pedang bersejarah menjadi pusat perhatian pembaca Liputan6.com kanal Global pada Senin (4/9/2017) pagi.

Selain itu, krisis kemanusiaan Myanmar mengundang amarah seluruh dunia. Sayangnya, seperti dibaca oleh pembaca, ada saja pihak yang memperkeruh suasana dengan penyebaran foto-foto hoax.

Pembaca juga menyimak kisah beberapa wanita yang pernah menjadi buronan FBI. Ada beberapa di antara mereka yang kembali menjadi warga terpandang di masyarakat.

Berikut adalah Top 3 Global selengkapnya:

 

1. Ini 4 Pedang Paling Bersejarah dalam Sejarah Dunia

Pedang samurai Jepang dengan naskah China yang bertuliskan

Pedang diciptakan pertama kalinya pada Zaman Perunggu. Peninggalan pedang berbahan tembaga itu ditemukan di situs purbakala di Pakistan.

Menjelang Abad Pertengahan, pedang besi dan baja diproduksi secara massal dan dipergunakan dalam peperangan. Prajurit dilatih ketrampilan berpedang agar siap dalam pertempuran

Sebelum ada senjata api dan artileri berdaya tinggi, pertempuran dilakukan dengan berhadapan langsung.

Pada masa itu, jenderal kerajaan, raja, dan kaisar memiliki pedang pribadi yang dibuat oleh pembuat pedang terbaik.

Selanjutnya...


2. Konflik Myanmar Diperparah dengan Foto Hoax

Sejumlah warga Rohingya saat dihadang petugas perbatasan di Ghumdhum, Bangladesh, (28/8). Ribuan muslim Rohingya di Rakhine, Myanmar, melarikan diri dan terjebak di perbatasan Myanmar - Bangladesh. (AP Photo/Mushfiqul Alam)

Memanasnya kondisi Myanmar, diperparah dengan tersebarnya foto hoax. Foto tersebut bahkan tersebar luas di media sosial.

Masalah itu, pertama kali mengemuka ketika pada 29 Agustus 2017 Deputi Perdana Menteri Turki Mehmet Simsek men-tweet 4 foto untuk mendorong komunitas internasional menghentikan pembersihan etnis yang terjadi di Myanmar.

Foto tersebut di-retweet sebanyak lebih 1600 kali dan mendapat like dari 1200 pembaca.

Namun, tindakan Simsek mendapat kritik tajam. Pasalnya, keaslian foto tersebut mulai dipertanyakan.

Selanjutnya...


3. 4 Wanita Buronan Nomor Wahid FBI

Ilustrasi FBI (Eric Risberg/AP)

Pada April 2016, ketika seorang wanita bernama Brenda Berenice Delgado dimasukkan dalam daftar manusia paling dicari oleh FBI, ia menjadi orang ke-506 yang masuk dalam Ten Most Wanted Fugitives.

Dengan pencantuman itu, ia menjadi wanita kesembilan sejak mulainya penyusunan daftar sejak 67 tahun lalu.

Delgado, yang waktu itu berusia 33 tahun, telah buron selama lebih dari 6 bulan. Ia dicari-cari karena dakwaan pembunuhan dokter gigi terkenal di Dallas bernama Kendra Hatcher pada September 2015.

Polisi Dallas, Texas, menuduh Delgado menyewa pembunuh bayaran terkait dengan kisah cinta segitiga yang kacau.

Selanjutnya...

Artikel Selanjutnya
7 Hal Paling Aneh di Dunia Ada dalam Buku Misterius Ini
Artikel Selanjutnya
Ini 4 Pedang Paling Bersejarah dalam Sejarah Dunia