Sukses

3-9-1998: Tragedi Pesawat Swissair Jatuh dan Meledak di Pesisir

Malapetaka menimpa maskapai Swissair, pesawat dari New York ke Jenewa mengalami kecelakaan jatuh di Kanada.

Liputan6.com, Jenewa - Hari itu, 3 September 1998, malapetaka menimpa maskapai Swissair. Salah satu pesawatnya yang terbang dari Bandara John F Kennedy, New York menuju Jenewa, mengalami kecelakaan. Pesawat jatuh di Pesisir Nova Scotia, Kanada sekitar 1 jam setelah lepas landas.

Juru bicara Swissair mengatakan, ada 229 orang yang berada di pesawat tipe McDonnell Douglas MD-11 yang terbang pada pukul 20.00 malam tersebut. Seluruh penumpan dikonfirmasi tewas di tempat kejadian. Sebanyak 10 pejabat PBB di antaranya tewas, termasuk Direkur WHO Jonathan Mann.

Menurut petugas lalu lintas udara Kanada, pilot Swissair dengan nomor penerbangan SR-111 itu sempat memberitahukan untuk pendaratan darutat karena adanya kebakaran dan asap mengepul di kabin pesawat. Saat itu juga, petugas mengarahkan pilot untuk mendarat darurat di Bandara Internasional Halifax.

Namun tak lama kemudian, petugas lalu lintas udara kehilangan kontak. Pesawat menghilang dari jangkauan radar. Kapal terbang kemudian diketahui jatuh di pesisir.

Tentara Angkatan Laut Kanada turun ke lokasi kejadian untuk melakukan pencarian. Sean Kelly, salah satu tentara mengatakan, pesawat tenggelam hingga kedalaman 150 kaki di bawah permukaan laut.

Seorang saksi mata di dekat Bandara Halifax mengaku mendengar suara memekik hingga akhirnya terdengar suara ledakan. "Suara tersebut adalah suara yang paling mengerikan yang pernah saya dengar," ujar saksi mata tersebut.

Saksi mata lain, Veronica Le Blanc menuturkan ia dan suaminya melihat ada pesawat melintas dekat rumahnya. Kemudian tak lama terdengar ledakan yang mengagetkan.

"Tapi kami tak melihat asap, karena kejadian di lokasi yang gelap pada malam hari."

Berdasarkan hasil penyelidikan, pesawat jatuh karena adanya gangguan pada jaringan kabel hingga mesin terbakar.

Sementara itu, Chief Financial Officer AirGroup, selaku induk perusahaan dari Swissair mengatakan, pihaknya telah melakukan perbaikan pada pesawat nahas tersebut di tahun sebelumnya.

Sebelumnya, pesawat Swissair lain pernah celaka pada tahun 1979, di mana kapal terbang tergelincir saat mendarat di Athena, Yunani, menewaskan 14 orang.

Sejarah lain mencatat pada 3 September 1260, tentara Bani Mamluk Mesir berhasil mengalahkan tentara Mongol dalam Pertempuran Ain Jalut di Palestina, menandai batas maksimum penaklukan oleh Kekaisaran Mongolia. Kemudian, 3 September 1783, Perang Revolusi AS berakhir.

Simak video berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.