Sukses

Studi: Sepertiga Bawahan Membohongi Atasan

Liputan6.com, Jakarta - Wahai para atasan, jangan kaget mendengar hal ini. Ternyata sepertiga bawahan berbohong kepada Anda.

Benar, berbohong kepada atasan mungkin membawa kesulitan kepada bawahan. Tetap saja ada bawahan yang berani mengambil risiko tersebut.

Dikutip dari theladders.com pada Sabtu (2/9/2017), penelitian yang hasilnya dikirim melalui surel kepada laman tersebut dengan hasil yang mengejutkan.

Penelitian oleh Comparably ini didasarkan kepada 46 ribu jawaban dari pegawai-pegawai perusahaan publik berbagai ukuran (besar, menengah, dan kecil) dan perusahaan-perusahaan swasta. Kebanyakan adalah perusahaan-perusahaan teknologi.

Mengacu kepada penelitian yang dimaksud, terungkap bahwa 71 persen karyawan yang ditanyai mengatakan bahwa berbohong kepada atasan adalah suatu hal yang tidak akan pernah mereka lakukan.

Nah, sisanya – sekitar 29 persen dari peserta penelitian – melaporkan bahwa mereka pernah berbohong kepada atasan.

Yang dimaksud berbohong di sini adalah bohong yang dilakukan hanya sekali, satu kali setiap kuartal, satu kali dalam sebulan, atau bahkan satu kali dalam seminggu.

Yang paling sedikit – sebanyak 4 persen – mengaku berbohong sekali dalam seminggu. Lalu sebanyak 5 persen yang berbohong sekali dalam sebulan.

Mereka yang berbohong sekali dalam satu kuartal atau tidak pernah berbohong sekali pun masing-masing berkisar pada angka 10 persen.

 

1 dari 2 halaman

Berbohong dan Perbedaan Generasi

Penelitian itu juga menguji definisi "milenial" menurut Census Bureau di Amerika Serikat (AS), yaitu orang-orang yang lahir antara tahun 1982 hingga 2000.

Sekitar 80 persen peserta penelitian berusia di atas 36 tahun mengaku "tidak pernah" berbohong. Di kalangan peserta berusia 18 hingga 35 tahun, hanya sekitar 65 persen mengaku tidak pernah.

Berdasarkan angka itu, proporsi generasi milenial yang berbohong kepada atasan lebih besar daripada proporsi pembohong dalam generasi sebelum mereka.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Ini 7 Ciri Mengejutkan Orang dengan IQ Tinggi, Anda Termasuk?
Artikel Selanjutnya
Bukan Orang Ketiga, Penyebab Hubungan Gagal Ternyata Soal Uang