Sukses

Versi Mini, 3 Hewan Ini Memiliki Ukuran Tubuh Terkecil di Dunia

Liputan6.com, New York - Ada banyak hewan di muka bumi yang memiliki keunikan dan keberagaman. Keunikan itu dapat tergambar dari corak warna, bentuk tubuh, suara yang dikeluarkan dan lainnya.

Selama ini sebagian dari Anda begitu akrab dengan nama-nama hewan yang memiliki tubuh berukuran besar. Sebut saja gajah, badak, beruang, dan paus.

Namun, tahukah Anda, hewan apa yang memiliki ukuran tubuh terkecil di dunia?

Ada beberapa hewan-hewan tertentu yang selama ini kita kenal berukuran besar atau sedang, ternyata memiliki versi yang berukuran kecil.

Hal tersebut biasanya disebabkan kelainan genetik pada hewan. Meski begitu, hewan-hewan ini tampak begitu imut dan menggemaskan banyak orang.

Seperti dilansir dari laman Oddee.com, Jumat (1/9/2017), berikut tiga hewan yang memiliki ukuran tubuh terkecil di dunia.

1 dari 4 halaman

1. Ular (Barbados threadsnake)

Ular Barbados threadsnake (Wikipedia)

Barbados threadsnake atau yang dikenal dengan sebutan Leptotyphlops carlae adalah spesies ular terkecil di muka bumi.

Leptotyphlops pertama kali ditemukan di pulau Karabia Barbados dan kini juga dapat dijumpai di pulau Antigua dan Barbuda.

Hewan ini pertama kali diidentifikasi pada 2008 oleh Blair Hedges -- seorang herpetologis dari Pennsylvania State University.

Sebagai penemu, Hedges menamai ular ini dengan nama sang istri tercinta, Carla Ann Hass.

2 dari 4 halaman

2. Ikan (Paedocypris progenetica)

Ikan Paedocypris progenetica (capture/GSAP)

Pada Januari 2006, telah ditemukan ikan terkecil di dunia yang ditemukan di Pulau Sumatera, Indonesia. Ikan mas ini masuk dalam anggota keluarga Paedocypris progenetica.

Ikan ini masuk dalam kategori hewan vertebrata (bertulang belakang) terkecil di dunia dengan panjang sekitar 7,9 milimeter.

Biasanya ikan ini hidup di rawa gambut. Hewan ini pertama kali ditemukan oleh Maurice Kottelat dan Tan Heok hui dari Raffles Museum of Biodiversity Research, Singapura pada 2005.

3 dari 4 halaman

3. Kuda (Thumbelina)

Kuda Thumbelina (AP)

Thumbelina diketahui sebagai kuda yang memiliki ukuran tubuh paling kecil di antara sesamanya yang lain.

Selama ini kuda digambarkan dengan hewan yang gagah perkasa, pelari tercepat, dan memiliki kekuatan besar karena mampu mengangkut beban berat.

Kuda ini lahir di St Louis, Missouri, pada 1 Mei 2001 dan hanya memiliki tinggi badan sekitar 43 sentimeter dengan berat badan 26 kilogram.

Kuda Thumbelina yang berjenis kelamin betina ini mencatat rekor sebagai kuda terkecil di dunia dan masuk dalam daftar Guinness World Record.

Artikel Selanjutnya
Mini Siapkan Mobil Mungil Terbuas, Cek Detailnya
Artikel Selanjutnya
7 Hal Paling Aneh di Dunia Ada dalam Buku Misterius Ini