Sukses

Juara SEA Games, PM Malaysia Jadikan 4 September Libur Nasional

PM Malaysia Najib Razak resmi menjadikan 4 September 2017 sebagai hari libur nasional yang merupakan penghormatan bagi para atlet.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak gembira bukan kepalang atas pencapaian atlet Negeri Jiran dalam ajang SEA Games 2017.

Untuk itu, Najib memutuskan menjadikan 4 September 2017 sebagai hari libur nasional yang merupakan penghormatan dan penghargaan bagi atlet Malaysia.

Pernyataan tersebut disampaikan PM Najib untuk merespons seruan warga Malaysia yang hadir di Stadion Bukit Jalil sembari meneriakan, "Cuti, Cuti."

"Telalu banyak hari libur di Malaysia. Tapi dikarenakan dukungan luar biasa dan performa hebat dari atlet kita, oleh karena itu pemerintah memutuskan menjadikan 4 September sebagai libur nasional," ucap Najib, seperti dikutip dari The Star, Kamis (31/8/2017).

Omongan Najib, langsung disambut meriah. Para warga Malaysia yang hadir langsung memekikan kata, "Merdeka", setelah mendengar 4 September 2017 dijadikan hari libur.

Najib ada di Stadion Bukit Jalil untuk merayakan kesuksesan Malaysia jadi juara satu SEA Games sembari menutup ajang dua tahunan pesta olah raga se-Asia Tenggara itu.

"SEA Games bukan cuma menimbulkan kesenangan dua kali lipat, tapi sampai tiga kali lipat," kata PM Malaysia.

"Perolehan medali Malaysia sangat berkesan, dan ini adalah pencapaian terbaik bagi kami," ucap Najib.

Pada kesempatan tersebut, Najib menyampaikan selamat kepada Menteri Pemuda dan Olah Raga Khairy Jamaluddin dan Ketua Dewan Olimpiade Malaysia, Tunku Imran Tuanku Jaafar. Politikus UMNO itu menyebut, tanpa dua orang tersebut SEA Games tak akan berjalan lancar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Gagal Total

Jika Malaysia bersukacita, tidak demikian dengan Indonesia. SEA Games 2017 tersebut meninggalkan kesedihan mendalam.

Indonesia bisa dibilang gagal total.

kontingen Indonesia hanya mampu berada di urutan kelima. Atlet-atlet Merah Putih cuma dapat membawa pulang 38 emas, 63 perak, dan 90 perunggu.

Torehan ini tidak sesuai dengan target yang diharapkan. Sebelumnya, kontingen Indonesia diharapkan mampu mendulang minimal 55 emas dan finis lebih baik dari SEA Games sebelumnya. Seperti diketahui, pada SEA Games 2015, Indonesia berada di urutan kelima.

Malaysia keluar sebagai juara umum dengan perolehan 145 emas, 92 perak, dan 86 perunggu. Sementara urutan kedua ditempati, Thailand dengan 72 emas, 86 perak, dan 88 perunggu. Thailand melejit dan menyalip Vietnam di hari-hari terakhir SEA Games 2017.

Vietnam sendiri harus puas di urutan ketiga dengan 58 emas, 50 perak, 60 perunggu. Menyusul di urutan keempat, Singapura dengan 57 emas, 58 perak, dan 73 perunggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.