Sukses

Terkuak, Putri Diana Rahasiakan Hal Ini pada Hari Pernikahannya

Liputan6.com, London - Pada tanggal 29 Juli 1981, sedikitnya ada 750 ribu pasang mata dari seluruh dunia menyaksikan salah satu peristiwa paling spektakuler, yaitu pernikahan agung Putri Diana dan Pangeran Charles.

Tak hanya pernikahannya yang menjadi sorotan dunia, namun gaun pengantin Diana yang menarik perhatian khalayak ramai.

Gaun putih gading yang dirancang oleh David Emmanuel dan istrinya Elizabeth itu terbuat dari sutra taffeta dengan detail renda antik berwarna putih gading yang mewah.

Gaun itu juga dihiasi dengan bordir di bagian tangan, disertai manik-manik dan kian menambah kesan glamor dengan 10 ribu mutiara.

Tak main-main, biaya yang dikeluarkan untuk sebuah gaun pengantin Diana mencapai 9.000 poundsterling atau setara dengan Rp 152,3 juta -- pada tahun 1981.

Dikutip dari laman Express.co.uk, Kamis (31/8/2017), ada insiden tak terduga yang terjadi pada Putri Diana beberapa jam sebelum ia melangkahkan kakinya ke altar Katedral St Paul -- tempat Diana dan Charles mengikat janji suci.

Tanpa disengaja, Daly -- make-up artist -- Putri Diana menumpahkan botol parfum di depan Princess of Wales.

Dengan hiasan lengkap, Putri Diana dengan sigap menyeka parfum yang tumpah dan mengusap ke pergelangan tangannya. Parfum yang ditumpahkan oleh sang make-up artist adalah aroma favoritnya -- Quelques Fleurs.

Meski begitu, cairan pafrum yang tumpah tersebut secara tak langsung mengenai bagian gaunnya.

Karena keterbatasan waktu, Daly menyuruh sang putri untuk memegang bagian gaun yang terkena tumpahan parfum. Hal itu dilakukan agar Diana tampak seolah-olah mengangkat gaunnya.

Dari foto pernikahan yang beredar luas, tampak sang putri kerap mencengkram bagian gaunnya untuk menutupi tumpahan parfum tersebut.

Untung bagi sang putri. Pasalnya tak ada yang mengetahui mengapa Putri Diana kerap mengangkat gaunnya. Semua orang sibuk pada acara pernikahan dan terpana akan gaun indah yang panjangnya mencapai 7,62 meter.

1 dari 2 halaman

Misteri Sketsa Gaun Pengantin

Ada rahasia besar di balik gaun mewah Putri Diana. Hal itu diungkap oleh sang perancang gaun yaitu David Emanuel.

Dikutip dari laman Emirates247.com, kala itu David mengatakan, ia harus menghentikan sketsa gaun milik Diana dan merobek-robeknya sebelum orang lain melihatnya.

"Diana datang sendiri sebanyak tiga atau empat kali, dan bertanya apakah ibu saya boleh hadir? Aku berkata, ya tentu saja," ujar David.

"Saya memperlihatkan sebuah sketsa dan menyobeknya karena tak ingin desain itu tersebar," tambah David.

David pun menambahkan, menjaga kerahasiaan gaun tersebut adalah prioritas dari seorang perancang. Jika desain gaun itu tersebar, maka David harus membuat rancangan baru.

"Kala itu kami ingin memastikan jika gaun itu adalah sebuah kejutan," kata Elizabeth istri David.

"Bahkan, kami tak pernah mencobakannya kepada Diana," tambahnya.

Setelah diminta untuk merobek-robek kertas bergambar rancangan gaun pernikahan Diana, Emanuel diminta melakukan dua hal lagi.

Yang pertama, menyiapkan gaun rancangan yang tepat untuk dipajang di Madame Tussauds dan menyiapkan desain kedua -- apabila rancangan pertama bocor sebelum hari pernikahan. Demikian dilansir dari laman Daily Mail.

Rancangan gaun kedua yang telah dibuat oleh Emanuel sangat mirip dengan desain pertama. Gaun tersebut memiliki korset dengan rangka yang begitu indah, bagian lengan berenda-renda, dan bagian rok yang lebih mengembang.

Namun, bagian korset pada desain kedua lebih berbentuk huruf 'V' dan potongan lengan yang lebih pendek.

"Pada gaun kedua, kami tak memberi sentuhan bordir sebab tak punya waktu banyak untuk mengerjakannya," ujar Emanuel.

Meski begitu, ada sesuatu hal yang membuat Emanuel heran. Setelah hari pernikahan Diana, ia tak lagi melihat gaun cadangan.

"Sudah lama sekali saya tak melihat gaunnya. Benda itu sudah hilang. Saya tak tahu apakah saya sudah menjualnya atau memasukkannya ke tempat penyimpanan. Waktu itu saya sangat sibuk. Semoga saya bisa menemukan gaun itu pada suatu hari nanti ketika membongkar barang-barang saya," tambahnya.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Ini Tanggal Pernikahan Laudya Cynthia Bella dan Engku Emran
Artikel Selanjutnya
Benarkah Putri Diana Menolak Lamaran Dodi Al Fayed?