Sukses

Jadi Korban Banjir, Koala Melompat ke Perahu Penyelamat

Liputan6.com, Melbourne - Rekaman seekor koala yang turun dari pohon ke sebuah kano di Murray River, Australia mendadak viral. Hal itu terjadi setelah videonya disiarkan secara online.

Adalah para mahasiswa dari La Trobe Unversity yang sedang naik kano di Ulupna Island, dekat perbatasan antara New South Wales dan Victoria, ketika melihat seekor koala terjebak di pohon yang terendam banjir.

"Salah seorang mahasiswa mengayuh kanonya melewati pohon tersebut dan si koala melihat, lalu sepertinya berusaha untuk meloncat ke dalam perahu tersebut." kata Kirra Coventry, salah seorang mahasiswa yang merekam peristiwa tersebut seperti dikutip dari ABC Australia Plus, Kamis (30/8/2017).

"Dan kemudian Matt (nama seorang mahasiswa) meloncat turun dari kano, mendorong kano ke arah pohon, dan koala itu turun."

Di dalam video tersebut, kano tersebut tampak perlahan mendekati pohon kayu putih (gum tree) dan si koala seperti melihat ke bawah dengan hati-hati sebelum masuk ke dalamnya dan duduk di salah satu bangkunya."

Setelah kano tersebut ditarik ke pinggir sungai, koala tersebut turun, dan memanjat pohon di dekatnya, sebelum kemudian kembali ke sungai, untuk minum selama lima menit.

"Mungkin dia sudah terdampar di sana selama beberapa hari," kata Chris Townsend, dosen La Trobe yang ikut dalam kegiatan berkano sebagai bagian dari pelajaran Outdoor and Environmental Education tersebut.

"Koala itu pasti kehausan, namun tidak bisa turun ke bawah untuk minum."

Koala di Australia bisa berenang. Namun bila mereka tidak mampu memanjat lagi setelah berada dalam air, maka binatang itu bisa hanyut dan mati.

1 dari 2 halaman

Viral

Sejak video tersebut tersebar di dunia maya pada Senin 28 Agustus 2017 malam, rekaman koala melompat ke kano itu sudah ditayangkan oleh televisi berita di Rusia, Inggris, Amerika Serikat dan Italia. Lalu dengan cepat menjadi viral.

"Ini adalah salah satu pengalaman unik. Di Australia semua orang mengenal koala, tapi tak melihat mereka setiap hari, dan juga tak selalu bisa melihatnya dari dekat," tutur Coventry yang baru pertama kali melihat koala dari jarak dekat.

Penyelamatan koala itu merupakan akhir yang mengesankan bagi para mahasiswa yang sedang ikut dalam kegiatan bernama River Environments, di mana mereka belajar menjadi pemandu sungai dan belajar mengenai keadaan alam.

"Bila kami bisa berinteraksi dengan alam, dengan cara yang tidak mengganggu dan tidak merusak lingkungan, itulah yang persis ingin kami lakukan," ujar Townsend.

"Dan sebenarnya kita jarang memiliki hubungan dekat dengan binatang asli Australia, hal yang langka."

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Artikel Selanjutnya
Rantai Manusia Selamatkan Kakek yang Terseret Banjir di AS
Artikel Selanjutnya
Reportase Jurnalis Ini Selamatnya Nyawa Korban Badai Harvey