Sukses

31-8-1997: Kabar Kematian Putri Diana Menggemparkan Dunia

Liputan6.com, London - Tepat 20 tahun lalu, hari ini, dunia mendadak gempar. Berita kematian Princess of Wales yang dikenal dengan nama Putri Diana tersebar luas.

Tepat pada 31 Agustus 1997, wanita yang juga dikenal dengan nama Lady Di mengalami kecelakaan mobil tragis di Paris dan merenggut nyawanya. Konon insiden itu terjadi saat ia tengah menghindari kejaran juru foto alias paparazzi yang terus memburu gambar dirinya setelah berpisah dengan pewaris takhta kerajaan Inggris, Pangeran Charles.

Setelah tabrakan, kekasihnya Dodi Al Fayed dan sopirnya Henri Paul tewas di tempat. Sementara Putri Diana dan pengawalnya berhasil dikeluarkan dari puing kecelakaan dan dilarikan ke rumah sakit.

Saat itu ia masih dalam kondisi bernyawa. Jantungnya pun berdetak. Petugas lalu bergegas melarikannya ke rumah sakit.

Operasi darurat diupayakan keras oleh tim dokter selama 2 jam demi menyelamatkan nyawa Putri Diana. Namun, mantan menantu Ratu Elizabeth II itu tak mampu bertahan, ia mengembuskan napas terakhirnya pada 31 Agustus 1997.

Kecelakaan mobil Putri Diana. (Reuters)

Keluarga Kerajaan shock berat mendengar kabar tersebut, terutama sang mantan suami, Pangeran Charles, yang ketika itu sedang menikmati liburan musim panas.

"Ratu Elizabeth (II) dan Pangeran Charles sangat terkejut dan berduka," demikian pernyataan pihak Buckingham Palace, Istana Kerajaan Inggris, seperti dimuat BBC.

Dari jepretan foto yang berhasil tertangkap fotografer paparazi, mobil yang ditumpangi Diana dan Dodi Fayed melaju sangat kencang hingga menabrak dinding terowongan.

Berdasarkan hasil tes darah, sang sopir bernama Henri Paul diketahui baru saja minum alkohol dan mengonsumsi sejenis narkoba. Sehingga, penyebab kecelakaan disimpulkan terjadi lantaran si pengemudi mabuk dan mengendarai dengan kecepatan tinggi.

Pangeran William, Putri Diana, dan Pangeran Harry dalam satu kesempatan (Vanity Fair)

Sebuah penyelidikan di Prancis pada tahun 1999 menyalahkan sang sopir, Paul. Karena mengemudi dalam keadaan mabuk dan ugal-ugalan, setelah mengonsumsi obat-obatan terlarang dan alkohol. Terungkap setelah otopsi, tingkat alkohol dalam darahnya tinggi dan ada sisa obat anti-depresan dalam tubuhnya.

Belum ada penyelidikan di Inggris. Tapi para pejabat di daerah Inggris selatan, Surrey, di mana Fayed tinggal, sudah dilakukan pemeriksaan. Tak ada komentar dari pihak kerajaan terkait hal itu.

Pada tanggal yang sama tahun 1957, tercatat sebagai momen saat Malaysia merdeka dari Inggris. Sementara pada 31 Agustus 1880 merupakan hari lahir Wilhelmina, Ratu Belanda.

1 dari 2 halaman

Pengakuan William dan Harry

Menjelang 20 tahun peringatan kematian Putri Diana, sebuah film dokumenter televisi akan disiarkan pada Senin 24 Juli waktu Inggris. Dua putra Diana, Pangeran William (35) dan Pangeran Harry (32) tampil dalam film tersebut.

Seperti dikutip dari VOA Indonesia pada 24 Juli 2017, William dan Harry akan mengenang masa kecil mereka pascakecelakaan yang merenggut nyawa sang ibu. Menurut Istana Kensington, film dokumenter itu berdurasi 90 menit itu bertajuk "Diana, Our Mother: Her Life and Legacy".

Pada kesempatan itu, Pangeran William dan Pangeran Harry akan berbicara sembari melihat-lihat foto di album keluarga yang disusun oleh Putri Diana.

Sebelumnya, tepatnya pada awal tahun ini, Pangeran William telah mengisahkan betapa rasa terkejut masih dirasakannya atas kepergian Diana bahkan setelah 20 tahun sang putri berpulang. Sementara, adiknya, Pangeran Harry mengakui bahwa ia membutuhkan psikolog untuk membantu menghadapi kesedihannya.

Film dokumenter itu diproduksi oleh Oxford Film and Television dan akan disiarkan di Inggris pada saluran televisi ITV.

Putri Diana yang juga dikenal dengan sapaan Lady Di itu tutup usia dalam sebuah kecelakaan mobil di terowongan Pont de l'Alma Paris pada 31 Agustus 1997. Saat tragedi itu terjadi William baru berusia 15 tahun, adapun Harry 12 tahun.

Sementara itu, pada Rabu 30 Agustus 2017, Pangeran William dan Harry bersiap memberikan penghormatan untuk almarhum ibu mereka -- dalam rangka memperingati 20 tahun kematian Putri Diana.

Warga pun meninggalkan lilin dan karangan bunga di luar gerbang bekas istana Putri Diana, di London, Inggris. Deretan foto mendiang pun terlihat di sana.

William dan Harry dijadwalkan untuk berziarah ke makam Diana di Kensington Palace, bersama perwakilan dari badan amal yang pernah disokong Putri Diana.

Artikel Selanjutnya
Heboh Prediksi Nama Calon Anak Ketiga Kate Middleton
Artikel Selanjutnya
Meski Sudah Meninggal, 5 Selebritas Ini Masih Saja Hasilkan Uang