Sukses

Asia hingga Amerika, Temuan 6 Makhluk Aneh Ini Memicu Geger

Liputan6.com, Jakarta - Kemunculan makhluk aneh kerap membuat geger lingkungan di sekitar. Bentuk yang tak wajar dan kehadirannya yang mendadak jadi alasan.

Sejumlah orang menduga, dari penampakannya, makhluk misterius itu adalah mutan. Ada juga yang menudingnya jadi-jadian atau siluman. Lainnya mengira alien.

Kegegeran pun bahkan merembet hingga dunia maya. Netizen yang memosting temuan tersebut seringkali mengutarakan teori dan mengajak orang lain untuk berspekulasi.

Komentar yang ramai memicu beragam spekulasi terkait temuan makhluk misterius. Penampakan aneh itu tak hanya terjadi di Asia, tapi juga di Australia hingga Amerika

Berikut ini 6 penampakan makhluk aneh dari berbagai belahan dunia yang Liputan6.com kutip dari berbagai sumber, Rabu (30/8/2017):

1 dari 7 halaman

Malaysia

1. Geger Makhluk Misterius dan Kerdil di Malaysia

Sesosok makhluk misterius mirip manusia kerdil kembali terlihat. Pada pekan lalu, keberadaan makhluk serupa sempat terekam oleh kelompok petualang yang menjelajahi pedalaman Aceh.

Namun, wujud makhluk yang terekam kali ini lebih kecil. Berbeda dengan di Aceh yang penampakannya terjadi di alam liar, sosok itu terlihat berlari di sebuah tempat parkir.

Video yang memperlihatkan makhluk misterius itu diunggah oleh Wujud (Paranormal Team) asal Malaysia. Selain berlari, dalam video berdurasi 1 menit 25 detik dan telah ditonton sebanyak 27 ribu itu, terlihat makhluk tersebut merangkak di bawah mobil.

Penampakan makhluk misterius mirip Gollum dalam film Lord of The Rings (Facebook/Wujud (Paranormal Team))

Netizen menyebut makhluk botak dan tak mengenakan baju itu mirip dengan Gollum, karakter fiksional dalam film Lord of The Rings.

Beberapa di antaranya bahkan menyebut sosok itu mirip dengan manusia kecil di Aceh yang diyakini merupakan anggota Suku Mante--Suku Melayu Tua yang jadi leluhur penduduk di Pulau Sumatera.

"Makhluk ini mirip seperti yang di Indonesia. Ia duduk di area gua. Ia pandai bersembunyi. Makhluk ini mirip dengan kita, hanya kakinya berkebalikan dengan kita. Makhluk kecil," tulis salah satu netizen, Hazmie Faiz Razak.

Sementara itu netizen lain menyebut makhluk misterius itu adalah tuyul. "Tuyul...di manakah kamu," tulis netizen bernama Ray Zukie.

"Pantas saja uang di dalam motorku hilang...ini ulah kau rupanya tuyul," tulis Aliey Teo dalam kolom komentar video.

Meski terdapat berbagai spekulasi soal makhluk tersebut, namun hingga kini kebenarannya belum ada yang dapat dipastikan.

2 dari 7 halaman

Taiwan

2. Makhluk Misterius di Taiwan Bikin Bingung Netizen, Alien?

Penampakan misterius yang terekam dan beredar di dunia maya membuat bingung netizen Taiwan. Dalam video tersebut, terlihat sesuatu seperti binatang berwarna gelap itu tengah menggeliat.

Huang Meilan yang merekam makhluk misterius itu, setelah menemukannya di sela-sela bebatuan di Hsinchu, Taiwan.

"Aku terkejut menemukan binatang menyeramkan yang menggeliat itu. Belum pernah melihat yang seperti itu sebelumnya," ujar Meilan seperti dikutip dari Daily Mail pada 29 Agustus 2017.

"Aku menemukannya di lapangan dan itu menarik perhatianku. Aneh sekali dan orang mengatakan banyak hal berbeda tentang hal itu. Tapi aku ingin tahu apa sebenarnya itu," imbuhnya.

Makhluk Misterius diduga alien di Taiwan. (Viral Press)

Setelah mempostingnya di dunia maya, Meilan mendapat respons netizen yang menduga serangga terlihat rapuh itu adalah horsehair worms atau cacing rambut kuda yang menjadi satu.

Makhluk parasit itu terjalin menjadi satu saat mereka menggunakan jaring untuk berkembang biak.

Tetapi ada pula yang memiliki gagasan yang lebih imajinatif. Beberapa orang mengatakan bahwa makhluk itu adalah serangga 'spesies mutan' - atau bahkan alien yang hidup di Bumi.

"Ini bisa jadi makhluk baru yang terbuat dari mutasi genetik yang belum pernah dilihat sebelumnya. Agak aneh menyaksikannya, sepertinya bentuk kehidupan alien yang tersesat di Bumi," ungkap netizen bernama Miffy Chu.

 

3 dari 7 halaman

Queensland, Australia

3. Makhluk Misterius Menyembul dari Balik Lumpur

Penampakan makhluk misterius di Queensland, Australia ketika menyembulkan kepalanya dari sungai berlumpur terekam kamera. Adalah David White yang merekamnya saat mengarungi aliran air di lokasi tersebut.

Ketika berada di kapal wisata, White mengaku melihat sesuatu seperti makhluk misterius. Lalu ia memutuskan untuk merekamnya.

Dalam videonya, terlihat kepala suatu makhluk menyembul ke atas permukaan sungai. Ia sepertinya memiliki mata.

Kepala makhluk itu tetap berada di atas pemukaan air selama beberapa detik sebelum menyelam kembali.

White, pemilik operator wisata Solar Whisper Daintree River Crocodile and Wildlife Tour, kemudian mengunggah rekaman tadi ke laman Facebook pada Selasa 8 Agustus 2017 pagi lalu.

Pegawai perusahaan wisata tersebut mengaku sudah memecahkan misteri makhluk yang dimaksud. (Sumber Solar Whisper Daintree River Crocodile and Wildlife Tour)

Dalam unggahannya, White menuliskan, "Entah itu paus mini, tiram, atau alien. Sejenak ia berada di sana, lalu lenyap segera."

Sejak diunggah, video itu telah ditonton lebih dari 1.400 kali.

Seperti dikutip dari Daily Mail pada 12 Agustus 2017, para penonton juga penasaran dengan makhluk tersebut dan mereka mencoba ikut menebak apa gerangan sosok itu.

Ada yang menduga makhluk itu adalah seekor ikan lungfish, sedangkan pengguna lain menduganya sejenis kerang.

Pemirsa lain lagi menduga itu adalah monster bawah air, sementara kelompok wisata itu sendiri menduganya "Monster Daintree, seperti halnya monster Nessie."

Sejurus kemudian, kepada Daily Mail Australia pegawai perusahaan wisata tersebut mengaku sudah memecahkan misteri makhluk yang dimaksud.

Menurut mereka, makhluk itu kemungkinan besar adalah seekor mudskipper -- sejenis ikan kecil yang hidup dalam genangan lumpur dan mampu merangkak keluar dari air.

Queensland, Australia, memang terkenal dengan keberadaan makhluk-makhluk misterius, semisal Yowie, Bunyip, dan kucing-kucing berukuran besar.

4 dari 7 halaman

Perth, Australia

4. Makhluk Misterius Seperti Balon Raksasa Mengambang di Laut

Masih dari Australia, sepasang nelayan dari negeri kanguru terhenyak melihat sebuah benda berbentuk bola raksasa mengambang di lepas pantai Australia Barat. Saat kejadian, Mark Watkins dan ayahnya sedang memancing sejauh 25 mil laut (sekitar 46 km) dari Bunbury di selatan Perth.

Namun demikian, setelah diperiksa lebih dekat, mereka menyadari bahwa benda tersebut adalah bangkai seekor paus yang sudah menggembung. Kata Watkins kepada harian tersebut, "Perutnya sudah dipenuhi gas sehingga menggembung besar sekali."

"Ketika kami mendekatinya, kami menyadari bahwa benda itu sebagai bangkai karena baunya."

Sepasang nelayan Australia tercengang menyaksikan seekor mahluk laut yang berbentuk seperti bola hidup raksasa. (Sumber Mark Watkins via Facebook)

Watkins kemudian mengambil sejumlah foto yang menunjukkan bangkai paus mati itu sesaat sebelum meletus. Kulit hewan itu sudah sangat meregang sehingga tampak semburat merah muda.

Para nelayan kawakan itu mengaku belum pernah melihat yang seperti ini. Ketika menceritakan kepada rekan-rekannya, mereka ditanyai tentang keberadaan hiu yang mencabik-cabik bangkai tersebut.

Menurut Watkins, ada seekor hiu sepanjang 4 meter berada dekat perahunya saat itu. Ketika sedang kembali menuju pantai mereka menyaksikan ada bagian besar bangkai itu yang sudah tercabik dan bangkainya sudah kempis.

Sebagai catatan, ada beberapa jenis paus yang memang lazim melewati bagian tenggara Australia untuk migrasi. Paus bungkuk sering terlihat di kawasan itu mulai dari Juni hingga Agustus setiap tahun.

5 dari 7 halaman

Argentina


5. Penampakan Makhluk Mungil Misterius di Argentina

Makhluk mungil menyerupai manusia mungil terlihat melintas di belakang seorang bayi di Argentina.

Dalam rekaman video dari akun @GHVJ yang diunggah ke YouTube, terlihat makhluk itu berlari di belakang balita bernama Benjamin. Menurut sang bunda, Sylvia, putranya seringkali terlihat gelisah tanpa diketahui apa penyebabnya.

Suatu mahluk mungil menyerupai manusia mungil terlihat melintas di belakang seorang bayi di Argentina.

Keluarganya Benjamin pun berinisiatif untuk merekam kegelisahan sang bayi, pada Januari 2011 di sebuah kediaman di Santa Fe, Argentina. Dan hasilnya, terlihat makhluk misterius berukuran mini itu melintas.

Sejauh ini belum ada penjelasan terkait penampakan makhluk tersebut.

6 dari 7 halaman

Amerika

6. Misteri Bangkai Makhluk Merah Muda Berlendir, Alien?

Sebuah foto makhluk merah muda dengan kulit berlendir, dan terlihat tidak berkembang seluruhnya ditemukan di halaman rumah warga. Gambar itu lantas menghebohkan netizen yang bertanya-tanya mengenai asal-usulnya.

Foto pertama kali muncul di Facebook, sebelom diunggah ulang ke Reddit, di mana pengguna memulai diskusi mengenai apa makhluk itu sesungguhnya. Berbagai spekulasi bermunculan. Kebanyakan para netizen menyebutkan 'alien', 'facehugger' --makhluk dari franchise film Alien yang menempel di wajah dan membuat orang mati kehabisan nafas.

Ada juga yang mengatakan itu adalah fetus hewan sebagai tebakan asal-usul makhluk.

Dikutip Daily Mail, 10 November 2015, Gianna Peponis dari California, AS adalah orang yang pertama kali mengunggah foto makhluk itu.

"Aku awalnya tidak berniat memposting ini, namun tidak bisa berhenti menebak-nebak makhluk apa ini," tulisnya dalam Facebook.

"Aku mendengar seseorang berteriak sekitar pukul 23.30 semalam, dan langsung ke halaman samping. Lalu aku menemukan benda ini. Makhluk ini sudah mati, sebarkan."

Foto diunggah di Facebook dan menuai perdebatan di Reddit. (foto: Facebook/Gianna Peponis)

Foto pun berakhir di Reddit, di mana pengguna menuliskan tebakan mereka. Salah satu pengguna menulis bahwa makhluk itu "jelas-jelas alien", sedangkan lainnya menulis "sudah pasti facehugger".

Pengguna LollyMac menuliskan: "Saya tidak tahu makhluk apaan ini. Jika temanmu cukup berani menyingkirkannya dari rumah, ingatkan mereka untuk menggarami tanah setelahnya, akan ada pertanda buruk di sana."

Bagaimanapun, banyak juga pengguna yang memiliki respon lebih sopan.

Seorang pengguna memposting foto fetus rusa sebagai perbandingan.

"Tampaknya makhluk itu setengah dari fetus rusa yang sudah dikoyak hewan buas atau predator. Untuk referensi, ini gambar fetus rusa yang masih utuh, bayangkan jika bagian bawah tubuh dan sebagian hidungnya terpotong." tulis salah seorang pengguna.

Yang lainnya menjelaskan: "Hewan berkuku bisa ketakutan dan menjatuhkan fetus mereka, masih terbungkus ketuban dan sebagainya, saat ketakutan. Bisa juga mati saat baru lahir!"

Artikel Selanjutnya
Seperti Otak Manusia, Makhluk Misterius Ini Bikin Heboh Ilmuwan
Artikel Selanjutnya
Selain Hujan di Tebet, Ini 6 Fenomena Alam Misterius Lainnya