Sukses

Punya Banyak Follower, 6 Bintang Instagram Ini Ternyata Palsu

Liputan6.com, Jakarta - Pada era media sosial saat ini, menjadi terkenal bukanlah hal yang sulit. Salah satunya melalui jejaring sosial Instagram -- salah satu aplikasi yang sedang booming untuk pemakaian pribadi hingga bisnis.

Banyak orang yang awalnya tak dikenal, mendapatkan popularitas melalui aplikasi tersebut. Seseorang yang menjadi terkenal berkat Instagram biasa disebut sebagai selebgram (selebritas Instagram).

Untuk mengetahui jika seseorang adalah selebgram, kita bisa melihatnya lewat jumlah followers yang ia miliki -- biasanya memiliki pengikut ribuan hingga jutaan orang.

Namun, terkadang orang akan melakukan apa pun untuk dikenal di Instagram hingga nekat memalsukan akunnya.

Berikut enam "bintang" Instagram yang disebut-sebut palsu, seperti dilansir dari Oddee.com, Rabu (30/8/2017):

 

1 dari 4 halaman

Foto Viral

1. Anak Muda Terlihat Seperti Seorang Kakek

Umumnya orang menghabiskan banyak uang untuk berpenampilan muda, tapi tak demikian dengan bintang media sosial dari Polandia ini. Ia mengaku merasa puas jika bisa membuat dirinya terlihat 10 tahun lebih tua.

Pawel Ladziak atau "Polish Viking", adalah sosok yang sering disebut orang sebagai salah satu pria tertampan di atas usia 40 tahun. Ia mengaku bahwa beberapa orang yang melihat fotonya berpikir dirinya berusia sekitar 60 tahun.

The Polish Viking, sosok 'kakek' palsu yang jadi bintang Instagram. (Pawel Ladziak)

Pria yang sebenarnya baru berusia 35 tahun itu mengecat rambut dan janggutnya dengan warna putih untuk mempertahankan penampilan lebih tuanya. Dia pun mendedikasikan transformasi diri itu melalui media sosialnya.

Pengguna aktif di situs Instagram dan Facebook itu kemudian memajang foto-foto yang tampaknya tua tapi bugar. Orang-orang umumnya tertarik oleh pria berotot dengan fisik yang patut ditiru.

Tak lama kemudian, berkat penampilan "palsunya" itu, Pawel memperoleh lebih dari 330.000 pengikut di Instagram.

2. Viral Dari Stok Foto

Pemasaran Instagram sekarang menjadi industri senilai US$ 1 miliar. Kini, Anda pun tak memerlukan anjing imut atau panduan untuk masuk dalam "permainan" tersebut.

Menurut sebuah penyelidikan oleh agen pemasaran Mediakix, siapa pun bisa memperoleh kontrak yang menguntungkan melalui jejaring sosial tersebut.

Foto petualangan berujung endorsement. (Instagram)

Akun Instagram yang dijalankan oleh seorang agen pemasaran itu membuat dua akun fiktif, yang pertama bertema pusat model Instagram dengan keterampilan modis dan gaya hidup mewah. Mediakix lalu menyewa model dan menghasilkan konten melalui pemotretan. Akun tersebut diperkenalkan sebagai milik Alexa Rae, dengan nama akun calibeachgirl310.

Akun kedua adalah tentang seorang fotografer yang sering berpetualang. Pemiliknya dinamakan sebagai Amanda Smith dengan nama akun wanderingggirl.

Seluruh gambar terdiri dari stok foto gratis dari tempat wisatawan di seluruh dunia, dengan sosok seorang gadis pirang yang selalu menghadap jauh dari kamera.

Berkat kedua akun buatan agen tersebut, beberapa endorsement yang menghasilkan pundi-pundi uang pun didapati. Mediakix pun akhirnya menghasilkan US$1.000, yaitu sekitar Rp 13 juta.

2 dari 4 halaman

Pura-Pura

3. Berpura-pura Kaya

Julia Stakhiva adalah bintang media sosial yang baru terkenal karena tampil di acara TV realitas Inggris, Rich Kids of Instagram.

Ia membuat akunnya dalam mode "private"  setelah dilecehkan secara online. Menurut sebuah kolom dari The Guardian, Stakhiva disebut menyewa tempat mewah yang dia tunjukkan di dunia maya sebagai kamarnya di London.

Ia disebutkan menyewa melalui situs SpareRoom.

Julia Stakhiva, The Rich Kids of Instagram. (Julia Stakhiva)

Marina Hyde, penulis dari artikel tersebut, mengatakan bahwa pemilik flat itu adalah ibu mertuanya sendiri, dan Hyde mengklaim Stakhiva menggunakan tempat itu untuk beberapa sesi pemotretan ketika pemiliknya sedang pergi.

Hyde juga menuduh Stakhiva memakai gaya hidupnya untuk mencapai ketenaran.

4. Destinasi Perjalanan Palsu Bloger Kecantikan

Tipuan selanjutnya, disebutkan dari bloger kecantikan bernama Amelia Liana. Ia dituduh memalsukan foto perjalanannya ke berbagai tempat.

Salah satunya saat ia berkunjung ke Taj Mahal, India.

Foto tersebut menjadi viral karena terdapat beberapa keanehan. Salah satu Tujuh Keajaiban Dunia ini terlihat sepi pengunjung dan ada sekawanan burung putih terbang di atasnya.

Foto destinasi perjalanan yang diedit. (Instagram)

Liana juga berpose di depan kolam dengan posisi memalingkan wajah dari kamera. Namun, bayangan Liana tidak terpantul secara utuh di kolam.

Banyak orang menuduhnya memalsukan foto itu.

Bloger tersebut juga dituduh meletakkan matahari terbenam palsu ke jendela pesawat dan menyunting foto yang diambil di Terminal 5 Heathrow, sehingga latar belakang menampilkan pesawat di Terminal 2.

Dalam gambaran yang paling dipertanyakan, Liana tampaknya mengedit tempat tidurnya dengan pemandangan indah London.

 

3 dari 4 halaman

Akun Palsu

5. Akun Palsu Buatan Agen Iklan

Seorang selebgram cantik berusia 25 tahun bernama Louise Delage mengunggah foto-foto kesehariannya yang mengundang kekaguman dari para pengikutnya.

Unggahan Delage menarik 60.000 orang untuk mengikutinya. Namun, para penggemarnya tak mengetahui bahwa idola mereka sebenarnya palsu. Ia merupakan sosok fiktif yang dibuat oleh sebuah agen.

Mengapa? Ini jawabannya.

Akun palsu terselubung. (Instagram)

Terdapat gambar alkohol dalam 149 foto yang dimiliki Delage di akun Instagramnya. Addict Aide, sebuah organisasi yang membantu para pencandu minuman beralkohol di Prancis, meminta agen tersebut untuk membuat kampanye “Like My Addiction”.

Tujuannya adalah agar masyarakat lebih peka untuk melihat tanda-tanda orang dengan kecanduan alkohol.

6. Selebgram Tak Nyata

Model Instagram Lil Miquela memiliki 78.000 pengikut di akun Instagramnya. Namun, sebuah pertanyaan besar muncul ketika orang membuka halaman akunnya: apakah ia nyata?

Dengan mata besar seperti kacang almond, bibir yang mirip tokoh kartun, dan kulit yang tampak sangat halus, banyak orang berkomentar ia lebih terlihat seperti karakter video game The Sims dibandingkan manusia.

Sosok orang yang diduga palsu di Instagram. (Instagram)

Penggemarnya bertanya-tanya apakah ia mengedit gambarnya sedemikian rupa ataukah hanya khayalan. Banyak dari mereka meminta Miquela untuk mengunggah video agar mereka tahu bahwa Miquela merupakan manusia asli.

Sebagian lain memunculkan teori bahwa seorang desainer grafis mengelola akun itu. Namun, sejauh ini, ia tetap bungkam sehingga menyebabkan banyak orang bertanya-tanya.

Bagaimana menurut Anda?

Artikel Selanjutnya
Ini 4 Tips untuk Terkenal di Instagram
Artikel Selanjutnya
Gemas, 5 Akun Instagram Hewan Imut Ini Wajib Kamu Ikuti