Sukses

28-8-1996: Putri Diana dan Pangeran Charles Resmi Bercerai

Liputan6.com, London - Hari ini, 21 tahun yang lalu, pasangan suami istri Kerajaan Inggris ternama, Putri Diana dan Pangeran Charles, secara formal bercerai. Mahligai rumah tangga pasutri itu harus kandas setelah 15 tahun menikah.

Pada 29 Juli 1981, hampir satu miliar pemirsa televisi di 74 negara menyaksikan pernikahan Pangeran Charles, pewaris takhta Inggris, dengan Lady Diana Spencer. Demikian seperti dikutip History.com, Minggu (27/8/2017).

Janji suci diikrakan keduanya dalam sebuah upacara agung di Katedral Santo Paul di hadapan 2.650 tamu. Kala itu, romansa kedua mempelai, membuat iri muda-mudi dan calon pasutri lain di dunia.

Dua tahun pasca-pernikahan, keduanya dikaruniai anak pertama, Pangeram Wiliam. Selang dua tahun kemudian, lahir Pangeran Harry, bungsu Diana dan Charles.

Namun, beberapa tahun pasca-menikah dan kehadiran dua orang anak, romansa pasangan itu lambat-laun tumbuh berantakan. Ditambah lagi, media yang intens meniup kabar miring mengenai perpecahan internal rumah tangga sang Putri dan Pangeran, semakin memperparah keadaan.

Pada 1992, Lady Di dan Prince of Wales itu mengumumkan pisah ranjang. Meski begitu, sejumlah tugas resmi kerajaan tetap dilakukan secara bersama, sebagai sebuah formalitas atas tradisi yang berlaku dalam monarki Britania Raya.

Tahun 1995 menjadi puncak kelamnya hubungan Charles dan Diana. Hingga pada 20 Desember 1995, Ratu Elizabeth II mendesak Charles, putranya, agar secara resmi menceraikan Diana.

Seperti dimuat BBC, pihak Istana Buckhingham Palace mengatakan Ratu telah mengirim surat ke masing-masing pihak, Pangeran Charles dan Putri Diana yang berisi permintaannya agar mereka berpisah. Hal ini setelah isu perselingkuhan Pangeran Charles menyeruak ke publik.

"Setelah melihat situasi saat ini, Ratu mengirim surat dan memberikan nasihat kepada keduanya. Dia menyarankan sebaiknya Pangeran cerai," ujar juru bicara Istana Inggris.

Pada 28 Agustus 1996, beberapa bulan setelah desakan Ratu Elizabeth II, Charles dan Diana mencapai kesepakatan akhir. Mereka secara resmi dan formal bercerai.

Akhir dari perebutan harta gono-gini menghasilkan bahwa Diana tetap memiliki hak untuk mempertahankan apartemennya di Kensington Palace dan gelarnya sebagai Princess of Wales. Sebagai ganti, Diana setuju untuk menyerahkan gelar Yang Mulia dan hak klaim untuk mewarisi tahta Inggris.

Beberapa tahun setelah perceraian, sang putri beranjak mewujudkan mimpinya untuk menjadi "ratu di hati orang-orang".

Pada 31 Agustus 1997, Diana bersama pendampingnya, Dodi Fayed, tewas dalam sebuah kecelakaan mobil di Paris. Penyelidikan yang dilakukan oleh polisi Prancis menyimpulkan bahwa pengemudi, yang juga meninggal dalam kecelakaan itu, menyetir dalam kondisi mabuk sehingga menyebabkan kecelakaan tersebut.

Hasil investigasi formal juga menyebut bahwa kendaraan nahas itu tengah melaju pada dalam kecepatan tinggi guna menghindari dari fotografer paparazzi yang secara konsisten membuntuti aktivitas Diana saat melakukan tamasya publik.

Pangeran Charles menikahi kekasih lamanya, Camilla Parker Bowles, pada tanggal 9 April 2005.

Pada tanggal yang sama, tahun 1988, musibah terjadi di tengah penyelenggaraan Ramstein Air Show di Kaiserslautern, Jerman Barat.

Pesawat Angkatan Udara Italia bertabrakan saat melakukan manuver udara. Akibatnya 3 pilot dan 67 penonton tewas. Sementara, 346 pengunjung lainnya mengalami cedera.

Sementara, pada 28 Agustus 1789, William Herschel menemukan Enceladus, satelit Saturnus.

 

Simak pula video menarik berikut ini

Artikel Selanjutnya
Heboh Prediksi Nama Calon Anak Ketiga Kate Middleton
Artikel Selanjutnya
Benarkah Putri Diana Menolak Lamaran Dodi Al Fayed?