Sukses

25-8-1875: Dengan Berenang, Pria Ini 'Menaklukkan' Selat Inggris

Liputan6.com, Calais - Seorang Kapten Angkatan Laut Inggris, Matthew Webb, menjadi orang pertama yang berhasil berenang menyeberangi Selat Inggris pada 25 Agustus 1875.

Laki-laki berusia 27 tahun itu, menyelesaikan aksinya di selat yang memisahkan antara Prancis dan Inggris sepanjang 33,7 kilometer dalam waktu 21 jam 45 menit. Dalam perjalanannya dari Dover, Inggris, ke Calais, Prancis, Webb minum brandy, kopi, dan teh daging -- mirip kaldu -- untuk menjaga kekuatan dan panas tubuhnya.

Webb pertama kali belajar berenang di Sungai Severn. Pada usia 12 tahun, ia bergabung dengan HMS Conway, kapal angkatan laut untuk berlatih.

Meski tak dikenal sebagai perenang cepat, rekannya mengingat Webb sebagai perenang yang memiliki daya tahan yang tinggi. Saat bepergian keliling dunia dengan angkatan laut, Webb mulai mulai berenang di medan berbahaya.

Dilansir dari History, Endurance swimming atau berenang dalam jangka waktu lama merupakan hal yang sangat populer pada 1870-an. Webb pun memutuskan untuk berenang di Selat Inggris setelah membaca surat kabar tentang upaya seseorang yang gagal.

Webb berlatih di sepanjang pantai selatan Inggris dengan berenang sepanjang 16 sampai 32 kilometer. Ia juga menyesuaikan diri dengan air dingin.

Pada Agustus 1875, ia mencoba berenang di selat tersebut untuk kali pertama. Namun, upaya itu gagal.

Dengan mengolesi lemak ke seluruh tubuhnya dan mengenakan baju renang merah dari sutra, pada 24 Agustus 1875 Webb memulai lagi upaya menyeberangi Selat Inggris dengan terjun ke Dermaga Admiralty Dover di tengah kondisi air yang dingin.

Webb memulai balapan di tengah pasang surut air dengan menggunakan gaya dada. Di tengah kegelapan, ia melakukannya dengan lambat namun mantap.

Ia ditemani dengan perahu yang menyodorkannya teh daging, brandy, dan cairan lain untuk menjaga staminanya. Di sepanjang perjalanan ia pun harus menghadapi sengatan ubur-ubur dan menerjang rumput laut nan rimbun.

Sebelas kilometer dari pantai Prancis, air berubah pasang dan mendoronganya ke belakang. Namun pada  pukul 11.00, Webb sampai di pantai. Surat kabar The Maid of Kent pun langsung mengabarkan keberhasilan Webb.

Setelah tidur 12 jam di Prancis, Webb kembali ke Inggris dengan menggunakan kapal. Sesampainya di Tanah Airnya, Webb disambut dengan meriah.

"Dalam sejarah masa depan dunia, saya tidak percaya bahwa prestasi seperti ini akan dilakukan orang lain," ujar Wali Kota Dover kala itu.

London Stock Exchange pun mengumpulkan dana untuknya. Webb berkeliling Inggris untuk mengajar dan berenang.

Selain berhasilnya Webb menyeberangi Selat Inggris dengan berenang, di tanggal yang sama pada 1967 pemimpin Partai Nazi Amerika, George Lincoln Rockwell ditembak dan dibunuh oleh penembak jitu. Kala itu pria yang dijuluki Hitler versi Amerika ini, tengah berada di sebuah pusat perbelanjaan di Arlington, Virginia.

Beberapa menit setelah penembakan, 'kapten' dalam partai Nazi Rockwell, John Patler ditangkap dan didakwa sebagai dalang pembunuhan Hitler Amerika' itu.

Sementara itu pada tahun 2001, penyanyi Amerika Serikat Aaliyah dan beberapa anggota perusahaan rekamannya tewas akibat kecelakaan pesawat. Insiden itu terjadi sesaat setelah pesawat lepas landas dari Badan Marsh Harbour, Bahama.