Sukses

Tampil Santai, Samuel L Jackson dan Magic Johnson Dituduh Imigran

Seorang aktor Italia membuat meme foto kedua bintang itu. Tak disangka banyak yang mengira mereka adalah imigran.

Liputan6.com, Milan - Nama bintang Hollywood Samuel L Jackson dan pebasket tenar Magic Johnson mungkin lazim terdengar di telinga. Namun, jika mereka tampil santai sehabis belanja, siapa yang mengira keduanya adalah figur terkenal.

Penampilan santai mereka di Tuscany, membuat orang Italia mengganggap keduanya imigran malas yang tengah foya-foya. 

Bintang Hollywood dan mantan pebasket itu duduk di kursi dikelilingi sejumlah tas belanja termasuk Louis Vuitoon dan Prada.

Keduanya difoto dan Johnson membaginya di Twitter sambil berkata, "Sam dan aku asyik duduk di kursi di Forte dei Marmi, Italia. Para fans mulai berbaris untuk berfoto."

Dikutip dari Independent pada Rabu (23/8/2017), foto keduanya beredar di dunia maya dalam sekejap. Namun, warga Italia mengira mereka adalah pasangan imigran.

Komentar pun bermunculan, beberapa dengan nada marah, menuduh mereka menghabiskan uang negara untuk belanja mewah.

Kesalahpahaman berawal dari meme yang dibuat aktor komedi Luca Bottura. Ia sebenarnya ingin membuat eksperimen sosial dengan foto itu.

"Mereka yang dibela Boldrini (politisi pro-imigran Laura Boldrini) sedang belanja di Forte dei Marmi di toko Prada dengan uang pajak 35 euro kita. Bagikan foto ini jika Anda kesal," tulis Bottura di foto itu dan dibagikan di Twitternya.

Boldrini merujuk pada Laura Boldrini, President of the Chamber of Deputies of Italy. Politisi itu dikritik atas sikapnya membela kebijakan progresif untuk membuka pintu bagi imigran.

Jelas saja foto ekspremien sosial itu viral. Namun, kebanyakan salah paham dengan maksud Bottura, seraya menulis merasa 'jijik' dan dipermalukan atas tingkah laku kedua 'imigran' itu.

Bottura kaget dengan respons itu. Ia tak mengira sebagian besar warga Italia tak mengenal kedua bintang yang mendunia.

"Meme saya sudah dibagi ribuan kali, 40 persen mengerti itu provokasi, 30 persen marah, 20 persen menyebut rasis dan mengganggap saya salah mengenali Samuel Jackson dan Earvin Magic Johnson. (Sisanya, aku tak mau mengungkap apa yang mereka komentari)," tulis Bottura dalam laman Facebooknya.

Memicu Kemarahan Warganet

Salah satu warganet Italia yang tak mengenali kedua bintang itu adalah Nina Moric. Perempuan yang mengaku model Italia asal Kroasia marah dengan foto Jackson dan Johnson editan Bottura.

"Uang pajak 35 euro buat imigran itu terlalu banyak," tulisnya.

Tidak menyadari siapa yang ada dalam gambar itu, netizen yang sama-sama salah paham menulis, "Nina Moric benar dan ini memalukan ... Saya bukan rasis, tapi saya tahu ada orang yang benar-benar tidak punya uang, sementara dua orang ini memakai pakaian bermerek dan bersantai" .

Yang lain menambahkan: "Imigran menghancurkan kita".

Tapi Moric kemudian menegaskan bahwa komennya tersebut juga merupakan "eksperimen sosial".

Dia berpendapat bahwa ini adalah bukti fakta bahwa orang menggunakan media sosial untuk "mengungkapkan prasangka mereka, tak peduli apapun kebenarannya. Tak satu pun dari kita yang kebal terhadap fenomena ini. "

Hingga berita ini diturunkan, belum ada komentar dari Jackson dan Johnson terkait 'eksperimen sosial' yang memicu kesalahpahaman ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini