Sukses

Aksi Heroik Penyelamatan Bayi Tertimbun Puing Pasca-Gempa Italia

Liputan6.com, Casamicciola - Gempa 4 skala Richter yang melanda Pulau Ischia, Italia, lokasi tujuan wisata yang terletak di lepas Pantai Napoli, mengakibatkan beberapa bangunan di lokasi lindu runtuh. Petugas penyelamat melaporkan bahwa mereka berhasil menyelamatkan seorang bayi dari reruntuhan.

Dalam rekaman yang beredar di media sosial, seperti dikutip dari News.com.au, Selasa (22/8/2017), bayi berusia empat bulan yang ditemukan hampir tanpa luka sedikit pun. Lalu, terdengar ekspresi lega penyelamat yang berlomba melawan waktu untuk membebaskan lebih banyak anak-anak.

Bayi itu menangis dan ia masih hidup setelah berjam-jam bertahan di bawah puing bangunan yang runtuh akibat gempa di pulau Italia itu. 

Menurut informasi dari Prefektur Naples, penyelamat kemudian berjuang membebaskan dua saudara laki-laki bayi itu yang masih hidup, tapi terperangkap dan berkomunikasi dengan unit darurat.

Menurut media lokal, kedua anak berusia empat dan tujuh tahun tersebut terjebak di bawah tempat tidur, namun berhubungan dengan petugas penyelamat melalui telepon. Ibu mereka yang tengah hamil dalam kondisi sehat dan aman, sementara sang ayah telah diselamatkan pada pukul 02.30 pagi waktu setempat.

"Di Casamicciola, sebuah bangunan roboh dan tiga orang diselamatkan hidup-hidup dari puing-puing bangunan, dua perempuan dan seorang laki-laki," ujar Kepala Departemen Perlindungan Sipil setempat, Angelo Borrelli, pada sebuah konferensi pers.

Dua komune kecil, Casamicciola dan Lacco Ameno, juga merasakan dampak gempa tersebut.

Gempa bumi melanda bagian barat laut pulau tersebut pada pukul 20.57 waktu setempat, dengan pusat gempa di kedalaman sekitar 10 kilometer. Otoritas Italia pertama kali menyatakan lindu yang terjadi Senin, 21 Agustus 2017 waktu setempat berkekuatan 3,6 SR, tapi kemudian merevisinya menjadi 4 SR.

"Gempa tersebut diikuti oleh 14 lindu susulan berkekuatan lebih kecil," kata Borrelli. "Beberapa bangunan di daerah itu roboh dan yang lainnya memiliki celah besar...."

Berikut rekaman detik-detik penyelamatan bayi tertimbun puing bangunan runtuh pasca-gempa 4 skala Richter di Pulau Italia, Ischia: