Sukses

23-8-1902: Berdirinya Sekolah Ini Tandai 'Revolusi' Memasak di AS

Liputan6.com, Boston - Tepat hari ini pada tahun 1902, juru masak asal Amerika Serikat Fannie Farmer membuka Miss Farmer's School of Cookery di Boston. Sosoknya mengubah standar masak warga AS melalui buku resep makanan.

Dikutip dari laman History.com, selain mengajarkan wanita cara memasak yang baik, Farmer juga mendidik tim medis agar mengetahui betapa pentingnya nutrisi yang tepat bagi pasien.

Farmer lahir pada 23 Maret 1857 dan dibesarkan di Boston, Massachusetts. Keluarganya percaya jika pendidikan dapat mengubah banyak orang, untuk itu sang ayah menyekolahkan putrinya di Medford High School.

Namun, saat remaja ia menderita paralisis. Kondisi itu membuat Farmer hanya dapat berdiam diri di rumah. Akibatnya, ia tak dapat menyelesaikan pendidikan hingga perguruan tinggi.

Ketika berusia 30 tahun, Farmer bergabung bersama Boston Cooking School. Sekolah yang didirikan pada tahun 1879 tersebut mengajarkan cara mempersiapkan bahan makanan dengan baik.

Farmer lulus pada tahun 1889 dan berhasil menjadi kepala sekolah pada tahun 1891. Sementara pada tahun 1896, ia menerbitkan sebuah buku resep makanan. Tak disangka, buku itu laku berat.

Dalam buku itu, ia tidak hanya menjelaskan cara memilih bahan makanan yang sehat dan bergizi, melainkan juga teknik masak, pentingnya sanitasi dan nutrisi dalam kandungan sebuah bahan makanan.

Pada tahun 1902, Farmer meninggalkan Boston Cooking School dan mendirikan Miss Farmer's School of Cookery.

Kendati demikian, Farmer terus melanjutkan kampanye terkait pentingnya makanan bergizi.

Pada tahun 1904, Farmer kembali membuat sebuah buku berjudul Food and Cookery for the Sick and Convalescent, yang memberikan rekomendasi makanan apa saja yang cocok untuk penanganan penyakit tertentu.

Selain rekomendasi untuk penyakit tertentu, ia juga menulis rekomendasi makanan bergizi bagi anak yang baik untuk proses pencernaan.

Meski sudah memiliki keahlian dalam bidang gizi dan penyakit, namun ia tetap memilih untuk melanjutkan pendidikan di Harvard Medical School.

Farmer meninggal pada 15 Januari 1915 dalam usia 57 tahun. Setelah meninggal dunia, Alice Bradley mengambil alih Miss Farmer's School of Cookery.

Selain kisah Farmer, di hari yang sama pada tahun 1990, Armenia mendeklarasikan kemerdekaan setelah melepaskan diri dari Uni Soviet.

Sementara itu, pada tahun 1999, pemerintah kota New York melaporkan kasus virus West Nile yang menyebar pertama kali di wilayah tersebut. West Nile merupakan jenis virus yang ditularkan melalui nyamuk.

Artikel Selanjutnya
Anak Tumbuh Cerdas di Meikarta
Artikel Selanjutnya
Undip Dirikan Taman Baca di Lereng Gunung Merapi