Sukses

Ini 9 Cara Agar Anda Dapat Tidur Nyenyak di Dalam Pesawat

Pancaran cahaya dan kebisingan adalah faktor utama yang dapat mencegah tidur Anda. Oleh karena itu gunakan masker penutup mata dan penutup.

Liputan6.com, New York - Perjalanan jauh menggunakan armada pesawat terbang memang membosankan. Selain tak bisa meregangkan kaki karena keterbatasan ruang, beberapa dari Anda juga sulit beranjak dari tempat duduk.

Selain itu, sebagian orang juga sulit untuk tidur ketika berada di dalam pesawat. Maka dari itu beruntunglah Anda yang bisa tidur nyenyak saat berpergian.

Dikutip dari laman Bright Side, Selasa (22/8/2017), ada beberapa cara yang harus Anda perhatikan ketika ingin beristirahat dengan nyaman selama berada di dalam pesawat terbang.

1. Waktu Terbaik

Waktu terbaik untuk berpergian ketika menggunakan pesawat terbang adalah pukul 11 malam hingga pukul 6 pagi. Sebab pada malam hari Anda dapat beristirahat dan membuat perjalanan jauh tersebut tak terasa.

Selain itu, Anda harus memastikan jadwal tidur yang benar sebelum berpergian. Jika Anda memutuskan untuk terbang pada pukul 11 malam, maka pastikan di hari sebelumnya Anda bangun dua sampai tiga jam.

2. Hari Terbaik

Selasa dan Rabu dianggap sebagai hari paling pas untuk mengambil jatah liburan bagi para pekerja. Mulai dari yang bekerja di kantor, perusahaan, maupun pemerintahan.

Pasalnya, harga tiket pada Jumat sangat tinggi karena bertabrakan dengan Sabtu dan Minggu.

3. Duduk di Samping Jendela

Usahakan untuk selalu memilih tempat tidur di dekat jendela. Selain dapat melihat pemandangan, Anda dapat mengistirahatkan kepala Anda di dinding dan tak tergangung oleh penumpang lain.

Sebab ada saja penumpang lain yang ingin bolak-balik ke toilet dan dikhawatirkan dapat menganggu Anda.

4. Turunkan Sandara Kursi

Jika Anda ingin beristirahat dengan baik, miringkan sandaran kursi Anda hingga batas maksimal. Hal tersebut akan membuat Anda lebih nyaman ketika duduk. Sebab duduk dengan posisi kursi yang begitu tegak akan membuat kepala pusing dan sakit pinggang.

Meski begitu pastikan penumpang yang duduk di belakang Anda bersedia untuk hal tersebut.

5. Pakai Pakaian yang Nyaman

Agar dapat tidur dan beristirahat dengan nyenyak, pastikan pakaian yang Anda gunakan juga nyaman untuk dipakai.

Pakaian yang nyaman adalah baju yang tak menghambat gerakan Anda.

Maskapai penerbangan biasanya menyediakan selimut. Untuk itu dapat Anda gunakan demi kenyamanan diri sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlengkapan Tidur

6. Sabuk Pengaman di Atas Pakaian

Sabuk pengaman yang diikat di atas selimut tak akan membuat Anda tidur dengan nyenyak dan nyaman. Meski begitu, sebagian orang masih melakukan itu agar tak terbangun saat terjadi turbulensi.

7. Perlengkapan Tidur

Pancaran cahaya dan kebisingan adalah faktor utama yang dapat mencegah tidur Anda. Oleh karena itu gunakan masker penutup mata dan penutup telinga. Perlengkapan itu dapat menolong Anda.

Selain itu bawalah bantal leher jika diperlukan. Agar bagian kepala Anda dapat bersandar di bantal yang empuk.

8. Jauhkan Ponsel

Jangan menonton film lewat ponsel, tablet, atau laptop Anda karena cahaya benda elektronik tersebut dapat membuat otak Anda tak bisa beristirahat.

Ambil koran atau majalah sebagai penggantinya. Melakukan aktivitas seperti membaca selama di pesawat dapat membuat Anda tertidur lebih cepat.

Ada baiknya pula diiringi dengan lagu yang merdu sehingga dapat membuat Anda jauh lebih rileks.

9. Makanan dan Minuman

Jika Anda ingin cepat tidur, jangan makan terlalu banyak saat lepas landas. Makanlah makanan yang ringan dan sehat.

Sedangkan pilihan minuman terbaik adalah teh atau air putih. Lupakan kopi atau alkohol karena hal tersbeut akan merusak kualitas tidur Anda.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.