Sukses

Seperti Ini Penampakan Pertama Gerhana Matahari Total di AS

Liputan6.com, Portland - Jutaan warga Amerika Serikat menjadi saksi sebuah peristiwa kolosal di langit yang tak pernah dijumpai selama hampir satu abad lamanya: gerhana matahari total.

Oregon menjadi negara bagian pertama yang mengalami gerhana matahari total, Senin 21 Agustus 2017 waktu setempat.

'Gigitan pertama' Bulan terjadi sesaat setelah pukul 09.00 PDT (pacific day time). Kala itu bayangan rembulan perlahan-lahan menutupi bayangan Matahari.

Warga Oregon ramai-ramai keluar rumah, membawa kacamata gerhana atau alat peraga buatan sendiri, untuk menyaksikan peristiwa langka yang dijuluki 'Great American Eclipse' itu.

Bayangan Bulan perlahan menutupi Matahari di Oregon. Foto diambil pada pukul 09.25 PTD, Senin 21 Agustus 2017 (AP)

Pada pukul 10.20, Sang Surya sepenuhnya tertutup, hanya menyisakan sebagian kecil korona yang membentuk lingkaran halo.

Terang pun berubah menjadi gelap. Untuk sesaat, siang hari terlihat seperti senja.

Seperti dilaporkan Los Angeles Times, yang dikutip Liputan6.com, Selasa dini hari (22/8/2017), kegelapan terasa tak wajar kala itu.

Burung-burung terdiam, sapi di ladang rebah ke tanah, bintang-bintang keluar dari 'persembunyiannya', sementara pesawat yang melintas terlihat bak siluet. Meski demikian, jutaan orang yang menyaksikannya tenggelam dalam sorak sorai. Hati mereka gembira.

Politisi Republik Rob Nosse bahkan rela bangun dini hari, mengejar kereta fajar dari Portland ke Salem untuk menyaksikan gerhana matahari total. "Saya merasa tak boleh melewatkannya," kata dia.

Gerhana matahari total terjadi tiap tahunnya di sejumlah wilayah di dunia. Namun, fenomena langit itu jarang terjadi di daratan yang luas, di salah satu negara berpenduduk paling padat di dunia, pada puncak musim panas. Itu mengapa peristiwa kali ini istimewa bagi AS.

Dalam beberapa menit, Matahari melepaskan diri dari bayangan Bulan di Oregon, Senin 21 Agustus 2017. (NASA)

Dari Oregon, gerhana kemudian bergeser ke wilayah Amerika Serikat lainnya selama 90 menit berikutnya, hingga berakhir sebelum pukul 15.00 sore EDT di South Carolina.

Gerhana matahari total di AS akan terjadi di 14 negara bagian AS. Sementara lainnya setidaknya akan mengalami gerhana parsial, di mana bayangan Bulan menutupi sebagian Matahari.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Artikel Selanjutnya
Donat hingga Anjing, Kala Gerhana Matahari AS Jadi Target Guyonan
Artikel Selanjutnya
Laporan Gangguan Penglihatan Usai Tatap Langsung Gerhana Matahari