Sukses

600 Jemaah Haji Dievakuasi Akibat Kebakaran di Hotel Mekah

Liputan6.com, Mekah - Sebuah hotel di kota Mekah, Arab Saudi, dilanda kebakaran. Peristiwa ini mengakibatkan 600 jemaah haji yang sebagian besar berasal dari Turki dan Yaman dievakuasi.

Seperti dikutip dari Straitstimes.com pada Senin (21/8/2017) Juru Bicara Pertahanan Sipil Nayef al-Sharif mengatakan bahwa tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini.

Menurutnya pula insiden ini dipicu oleh salah satu unit pendingin ruangan yang mengalami kerusakan di lantai delapan sebuah hotel di distrik Aziziyah.

Tidak dijelaskan kerusakan akibat kebakaran atau berapa lama peristiwa tersebut berlangsung. Namun, para jemaah haji yang sempat dievakuasi telah diizinkan kembali ke hotel.

Sebelumnya, tepatnya pada September tahun 2015, kebakaran juga pernah melanda hotel di kawasan Aziziyah. Insiden itu terjadi di lantai delapan hotel Sakaf al-Barakah yang ditempati oleh jemaah haji Indonesia asal Jawa Tengah.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kebakaran dipicu oleh tindakan jemaah yang meninggalkan rice cooker dalam kondisi menyala.

"Api diduga berasal dari rice cooker jemaah yg ditinggal umrah, yang bersangkutan baru saja tiba dan rencananya akan makan setelah umrah," ujar Konsulat Jenderal Indonesia di Jeddah Dharma Kirty kala itu.

Saksikan video berikut: