Sukses

Armada Perang AS Bertabrakan dengan Kapal Dagang Dekat Singapura

USS John S McCain bertabrakan dengan kapal dagang Alnic MC dekat Singapura.

Liputan6.com, Singapura - Kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat bertabrakan dengan sebuah kapal dagang (merchant ship) di Singapura timur pada Senin 21 Agustus 2017 pagi. Informasi itu dikabarkan oleh Armada ke-7 AL AS yang beroperasi di kawasan Asia Timur dan Pasifik.

USS John S McCain (destroyer class) bertabrakan dengan merchant ship Alnic MC, saat kapal perang itu hendak berlabuh ke pelabuhan di Singapura timur. Demikian seperti yang dilansir CNN, Senin (21/8/2017).

Menurut laporan Armada ke-7 AL AS, operasi pencarian dan penyelamatan tengah berlangsung. Belum jelas mengenai detail korban atau kerusakan yang timbul akibat insiden tersebut.

Laporan awal dari AL AS menyebut, USS John S McCain mengalami kerusakan pada sisi belakang kapal. Namun, laporan tersebut tidak memberikan informasi mengenai status kerusakan Alnic MC.

Menurut laman elektronik resmi, Alnic MC merupakan kapal tanker minyak berbendera Liberia seberat 30.000 ton dengan panjang 182,8 meter.

USS John S McCain adalah kapal perang AS kedua yang terlibat dalam insiden tabrakan maritim dalam dua bulan terakhir.

Sebelumnya, pada 17 Juni 2017, USS Fitzgerald bertabrakan dengan sebuah kapal kontainer di lepas pantai Jepang. Tabrakan itu mengakibatkan tewasnya tujuh pelaut AS.

Otoritas masih memeriksa dampak lanjutan dari tabrakan antara USS John S McCain dengan Alnic MC.

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.