Sukses

Media Asing Sorot Insiden Salah Cetak Bendera RI di SEA Games

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Masyarakat Indonesia dibuat geger atas insiden salah cetak bendera dalam buku panduan SEA Games 2017. Pasalnya, dalam buku tersebut bendera yang seharusnya merah putih terbalik menjadi putih merah, layaknya bendera Polandia.

Insiden salah cetak tersebut turut disorot sejumlah media asing. Media asal Inggris, Daily Mail, mengulasnya dengan judul "SEA Games: Oops! Malaysia upsets Indonesia with flag blunder".

"Bendera Indonesia terdiri dari warna merah dan putih, namun dicetak dengan warna putih di atas, membuatnya seperti bendera Polandia," tulis Daily Mail.

Dalam tulisan itu, disebutkan bahwa pihak Malaysia dengan segera meminta maaf. Menteri Pemuda dan Olahraga Negeri Jiran, Khairy Jamaluddin, secara pribadi mendatangi Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi di hotelnya.

Sementara itu media Singapura, Channel News Asia, mengangkat soal permintaan maaf Malaysia atas kesalahan tersebut.

"Mewakili pemerintah Malaysia, kami ingin menyampaikan permintaan maaf kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia," ujar Menteri Luar Negeri malaysia, Anifah Aman, dalam sebuah pernyataan seperti yang dilansir media tersebut.

Masih dari media Singapura, The Straits Times, juga membahas soal permintaan maaf Malaysia kepada Indonesia. "Penyelenggara SEA Games Malaysia telah meminta maaf kepada Indonesia setelah benderanya dicetak terbalik dalam buku panduan, yang memicu kemarahan dan komentar pedas di media sosial."

Dalam tulisan berjudul "SEA Games: Malaysia sorry for Indonesia flag gaffe" itu, The Straits Times mengutip permintaan maaf penyelenggara SEA Games yang dikeluarkan dalam sebuah pernyataan.

"Kami ingin meminta maaf secara tulus kepada masyarakat Indonesia atas kesalahan tak disengaja dalam mencetak bendera Indonesia."

Media asal Amerika Serikat, ABC News, mengangkat soal permintaan maaf Malaysia dengan tulisan berjudul "Malaysia apologizes for showing Indonesia's flag as Poland's".

Dalam tulisan itu, ABC News mengutip pernyataan Khairy yang mengatakan akan mengoreksi dan mencetak ulang buku panduan itu.

Dengan judul "Indonesia in flag flap with Malaysia at Games", Al Jazeera juga membahas soal kesalahan Malaysia yang memicu kemarahan Indonesia.

"Kesalahan yang membuat bendera merah putih Indonesia terbalik menjadi bendera Polandia, memicu kemarahan Indonesia di mana ShameOnYouMalaysia menjadi tagar populer di Twitter," tulis media asal Qatar itu.

 

Saksikan video berikut:

Artikel Selanjutnya
Atlet Malaysia Dedikasikan Gelar Juara SEA Games untuk Publik
Artikel Selanjutnya
Upacara Penutupan SEA Games, Indonesia Minim Representasi