Sukses

Ini Salah Satu Gaun Pengantin Terpopuler Sepanjang Masa

Liputan6.com, Monaco - Gaun yang dikenakan Putri Diana di hari pernikahannya menjadi salah satu baju pernikahan paling ikonik di dunia.

Kala Diana melangkah di altar Katedral St Paul, ekor gaun sepanjang 7,62 meter menyedot perhatian dunia kala itu. Gaun sutra taffeta dengan renda antik berwarna putih gading yang mewah itu dihiasi dengan bordir tangan, manik-manik, dan 10.000 mutiara.

Selain gaun Putri Diana, baju pengantin lain yang dianggap populer oleh pengamat fesyen adalah gaun yang dikenakan oleh Grace Kelly -- aktris kenamaan Hollywood di era 50-an -- saat menikah dengan Pangeran Monako, Rainier III.

Gaun itu disebut sebagai salah satu baju pengantin paling elegan dan terbaik sepanjang masa. 

Gaun pernikahan Putri Diana (AP)

Menjelang hari pernikahnnya tiba, sambutan kepada Grace Kelly dan bridesmaids-nya yang berlayar dari New York ke Monaco dilakukan secara besar-besaran.

"Aku tak pernah melihat perempuan membawa barang bawaan sebanyak itu hanya untuk mengunjungi negara kecil dalam beberapa hari," ujar seorang wartawan dari Boston Globe. Ia merujuk kedatangan Grace dan bridesmaidsnya yang membawa 80 koper.

Dikutip dari The Vintage News, Minggu (20/8/2017), setibanya di pelabuhan Monako, mereka disambut oleh 1.800 fotografer dan wartawan. Selain itu ribuan warga juga menyambut kedatangan mereka yang kabarnya diundang dalam pernikahan.

Pernikahan Grace dan Rainier III dilakukan dua kali, yakni pernikahan sipil pada 18 Agustus 1956 dan pernikahan secara agama pada 19 Agustus 1956.

Pada pernikahan sipil, Grace mengenakan gaun berwarna pink cerah berbalut renda berwarna champagne dan dilengkapi dengan juliet cap -- penutup kepala yang biasanya beraksen renda dan manik-manik.

Grace Kelly dihari pernikahannya dengan Pangeran Rainier III. (AFP)

Saat melaksanakan pernikahan secara agama pada keesokan harinya, Grace mengenakan gaun berpotongan leher tinggi. Gaun tersebut berhias renda 'Brussles delicate rose' berusia 120 tahun.

Grace kembali mengenakan juliet cap, namun kali ini dipadukan dengan tudung sepanjang 82 meter. Di tangannya, ia membawa buket lily of the valley dan injil kecil berhiaskan mutiara.

Sepatunya yang didesain oleh David Evins, berhiaskan renda sutra, mutiara, dan manik-manik kaca. Mengikuti kebiasaan tradisional, Evins menyembunyikan koin tembaga di sepatu kanan untuk keberuntungan.

Rambutnya ditata oleh Sydney Guilaroff. Tata riasnya sangat halus dan membuat wajahnya terlihat sangat bercahaya.

Gaun yang dikenakan Grace pada 19 Agustus itulah yang dikenang hingga saat ini. Bahkan, gaun tersebut menginspirasi banyak gaun pernikahan besar lainnya, seperti Kate Middleton dan model kenamaan Miranda Kerr.

Kate Middleton di hari pernikahannya (AFP)

 

Simak video berikut ini:

Artikel Selanjutnya
4 Selebritas Dunia Ini Mengaku Alami Masalah Kejiwaan
Artikel Selanjutnya
Top 3: Rahasia Penampilan Prima Para Pramugari