Sukses

Warga Brasil Abadikan Fenomena 'Pukulan dari Langit'

Liputan6.com, Teixeira de Freitas - Warga di sebuah kota di Brasil dibuat bingung atas munculnya awan indah sekaligus mengerikan yang nampak saat senja.

Seorang warga, João Paulo Magalhães, membagikan video penampakan awan unik itu. Ia merekamnya dari stasiun pengisian bahan bakar gas di Teixeira de Freitas, yang terletak di Brasil sebelah tenggara pada 17 Agustus 2017.

Selain Magalhães, sejumlah warga lainnya turut mendokumentasikan awan mengerikan yang jika dilihat mirip meteorit jatuh itu. Beberapa di antaranya menyebut penampakan tersebut seperti sebuah tangan yang sedang menghantam.

"Itu terlihat sangat mirip seperti meteorit atau hal mengerikan lain. Aku pun takut, karena aku pikir itu akan membentuk tornado," ujar Magalhães seperti dikutip dari Daily Mail, Minggu (20/8/2017).

Namun, ketakutan para warga dengan seketika reda ketika awan tersebut menghilang dalam waktu lima menit.

Beberapa pengguna media sosial ada yang memuji keindahan penampakan awan itu.

"Ciptaan Tuhan memang sempurna," tulis irenny_yneeri dalam aku Instgramnya.

Sejumlah ahli meteorologi setempat mengungkap kebenaran soal awan tersebut. Mereka mengatakan, fenomena itu terbentuk dari awan debu.

Meski fenomena tersebut dapat dijelaskan secara ilmiah, mengapa orang-orang masih ada yang menyebutnya sebagai pukulan dari langit atau meteorit?

Bentuk tangan yang tertangkap otak manusia adalah contoh dari pareidolia, fenomena psikologis yang cenderung mengenali bentuk akrab dalam gambar acak atau samar.

Bentuk umum lainnya dari pareidolia termasuk ketika seseorang melihat bentuk binatang atau wajah di awan, atau nenek dan kelinci di permukaan Bulan.

 

Simak video berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Selain Hujan di Tebet, Ini 6 Fenomena Alam Misterius Lainnya
Artikel Selanjutnya
Hujan Misterius di Tebet Mirip Kejadian Aneh di Afrika Ini