Sukses

Van Menabrak Kerumunan Turis di Barcelona, Serangan Teror?

Liputan6.com, Bacelona - Sebuah van melaju kencang di jantung kota Barcelona, Spanyol, Kamis sore 17 Agustus 2017. Kendaraan itu kemudian ditabrakkan ke arah kerumunan orang di area wisata Las Rambas.

Panik pun terjadi. Orang-orang berlarian mencari perlindungan di sejumlah toko dan kafe.

"Tiba-tiba saya mendengar suara tabrakan. Orang-orang berlari, menjerit," kata saksi mata Aamer Anwar kepada Sky News.

Saksi mata lain mengatakan, banyak ambulans dikerahkan ke lokasi kejadian. Polisi bersenjatakan senapan serbu menyusul tiba.

Seperti dikutip dari CNN, Kamis (17/8/2017), juru bicara Kepolisian Catalunya mengungkapkan, korban jiwa jatuh dalam kejadian tersebut.

Kepolisian Barcelona memperlakukan kejadian tersebut sebagai insiden teror. Area di sekitar lokasi kejadian ditutup. Aparat memerintahkan orang-orang yang berada di sekitar Plaça de Catalunya untuk tetap berlindung di dalam bangunan.

Pemerintah Catalunya atau Catalonia kemudian mengatakan, satu orang dinyatakan tewas, tujuh lainnya dalam kondisi kritis. Sementara, 17 orang dirawat di rumah sakit akibat cedera. Kabar teranyar menyebut, total korban luka mencapai 32 orang.

Dalam akun Twitternya, polisi mengatakan perburuan besar-besaran terhadap pelaku dilakukan pada pukul 18.00 waktu setempat.

Sementara, saksi mata yang berlindung di sebuah toko mengaku mendengar suara tembakan. Tak jelas dari pihak mana senjata diletuskan.

Diduga, ada orang bersenjata yang masuk ke dalam sebuah bar. Jumlahnya belum bisa dipastikan, satu atau dua.

Perdana Menteri Spanyol, Mariano Rajoy dalam akun Twitternya mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan semua pihak untuk menangani kejadian tersebut.

"Prioritas: merawat mereka yang terluka di Las Ramblas dan memfasilitasi kerja aparat keamanan," tulis dia.

Konsulat Amerika Serikat di Barcelona juga mengeluarkan imbauan untuk menghindari area kejadian. Warga AS yang ada di sana diminta untuk mengindahkan imbauan dari pihak kepolisian.

Las Ramblas adalah jalan yang populer di kalangan turis di Barcelona. Berada di pusat kota, jalan tiga ruas itu biasanya ramai pada musim panas, yang menjadi puncak kunjungan turis.

Jalan yang dikhususkan bagi para pejalan kaki itu dibingkai deretan kios, penjual bunga, kafe dan bar. Turis yang datang ke Barcelona, Spanyol kerap menjadikan Las Ramblas sebagai tujuan.

Artikel Selanjutnya
Penjaga Pantai Spanyol Selamatkan 600 Migran dalam 24 Jam
Artikel Selanjutnya
5 Pemain Spanyol Terbaik di Liga Inggris