Sukses

Semarak HUT RI Dirasakan di Negara Paling Barat Benua Afrika

Liputan6.com, Dakar - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dakar, Senegal, merayakan HUT RI ke-72 dengan beragam kegiatan. Meski tinggal di negara paling barat Benua Afrika, warga negara Indonesia di sana tetap semangat mengikuti kegiatan tersebut.

Mereka yang hadir terdiri dari berbagai elemen, seperti karyawan PT. Dirgantara Indonesia (DI) dan perwakilan AD Trade Indonesia, para pekerja profesional, serta keluarga besar KBRI.

KBRI Dakar membuka rangkaian kegiatan dengan acara jalan santai menyusuri indahnya Pantai Corniche. Pantai tersebut merupakan rute utama para joggers di Dakar.

Lomba tarik tambang pun menyambut para WNI setibanya di garis finish. Para joggers yang kebetulan melintas pun menyaksikan dan mengaku terkesan dengan keunikan lomba yang berlangsung meriah dan penuh canda tawa itu.

Seperti keterangan media yang diperoleh Liputan6.com dari KBRI Dakar, sejumlah perlombaan lain juga diadakan KBRI Dakar untuk mengobati rindu para WNI. Lomba tersebut antara lain gaplek, joget balon, gigit koin dari buah, dart, bowling, lempar bola basket, dan lomba rias wajah.

Lomba tujuh belasan khas anak-anak pun juga digelar, seperti balap kelereng, pecah balon, dan memasang ekor kuda.

Dalam sambutan kegiatan perlombaan yang mengandalkan gerak fisik itu, Dubes RI di Dakar, Mansyur Pangeran, menyinggung soal pentingnya olah raga bagi setiap orang. Menurutnya, aktivitas tersebut memberikan kebugaran tubuh untuk menjadi kuat sehat.

Ia pun mengutip pepatah yang disampaikan oleh pujangga Romawi Kuno yakni "Mens Sana Incopore Sano" yang berarti "di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat".

"Dengan kegiatan perayaan HUT RI ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat kebersamaan, gotong royong, serta meningkatkan solidaritas diantara para WNI," ujar Dubes Mansyur.

Acara itu dilanjutkan dengan upacara bendera di halaman gedung KBRI dengan Dubes RI akan bertindak selaku Pembina Upacara.

 

 

Simak video berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Wonderful Indonesia Turut Meriahkan Resepsi Diplomatik di Mumbai
Artikel Selanjutnya
Festival Alun-Alun Indonesia Siap Meriahkan Kanada