Sukses

Ucapan Selamat HUT ke-72 RI dari 3 Duta Besar

Liputan6.com, Jakarta - Duta besar dari sejumlah negara mengucapkan selamat merayakan Hari Kemerdekaan ke-72 untuk Indonesia.

Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhail Galuzin, mengatakan, "Atas nama seluruh Staf Kedutaan Besar Federasi Rusia dan saya pribadi, kami mengucapkan selamat merayakan hari besar nasional - Hari Kemerdekaan Republik Indonesia!"

Dalam ucapannya tersebut, Galuzin menyebut soal hubungan yang selama ini telah terjalin antar-kedua negara.

"Hubungan yang terjalin antara Rusia dan Indonesia selalu dibangun atas dasar persahabatan, rasa saling percaya dan saling menghormati kepentingan masing-masing. Hal ini berlangsung sedari dulu dan akan tetap seperti itu," ujar Galuzin.

Ia juga menyebut bahwa Rusia dan Indonesia masih akan terus melanjutkan pekerjaan intensif guna mempererat kerja sama di berbagai aspek. Menurutnya, hal tersebut dilakukan demi kepentingan rakyat kedua negara dalam kemitraan strategis.

Pada akhir ucapannya, Galuzin mengungkapkan harapannya bagi Indonesia pada hari lahirnya yang ke-72.

"Kepada Saudara-Saudara Indonesiaku, kami ucapkan semoga sukses dan sejahtera selalu bagi negara yang besar dan hebat ini!" kata Galuzin.

Tak hanya dari Rusia, Kedutaan Besar Inggris juga mengucapkan selamat Hari Kemerdekaan untuk Indonesia yang dikemas dalam video berdurasi satu menit.

Dalam video tersebut, Dubes Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik, beserta staf kedutaan menyanyikan lagu nasional "Hari Merdeka" (17 Agustus 1945). Dengan mengenakan pakaian bernuansa merah putih, mereka bernyanyi sambil melambaikan bendera merah putih.

Membuat formasi "72", pada akhir video, dengan lantang mereka meneriakkan "Dirgahayu Republik Indonesia ke-72. Bekerja bersama, sukses bersama, merdeka!!!".

Dubes Australia untuk Indonesia, Paul Grigson, juga mengucapkan selamat HUT ke-72 Kemerdekaan Indonesia melalui sebuah gambar yang diunggahnya ke Twitter. Sejumlah bangunan ikonis Indonesia, yakni Rumah Gadang, Monas, Candi Borobudur, dan Pura Tanah Lot menjadi latar belakang ucapan tersebut.

 

Simak video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.