Sukses

Bersih-Bersih Australia, Cara Unik WNI Sydney Meriahkan HUT RI

Pada perayaan HUT RI ke-72 masyarakat Indonesia melakukan acara bersih-bersih Sydney.

Liputan6.com, Sydney - Perayaan HUT RI ke-72 tahun turut dirayakan secara meriah oleh KJRI Sydney dan masyarakat Indonesia di kota terbesar di Australia tersebut. 

Berbeda dengan tahun sebelumnya, perayaan HUT RI kali ini mengambil tema unik. Keunikannya terletak pada satu program khusus yang disebut “Clean Australia, Walk for Indonesia”.

Acara tersebut dimulai di Pantai Maroubra pada pagi hari 12 Agustus 2017 sesaat setelah matahari terbit. Sekitar 100 orang perwakilan dari komunitas dan diaspora Indonesia serta keluarga besar KJRI Sydney berpartisipasi pada program tersebut.

Terdapat dua makna utama dari penyelenggaraan “Clean Australia, Walk for Indonesia”. Pertama, menegaskan komitmen kuat komunitas dan diaspora Indonesia untuk berkontribusi secara signifikan pada pembangunan masyarakat multikultur Australia.

Tujuan kedua untuk menegaskan kecintaan mereka pada Indonesia, meskipun mereka jauh di negeri orang. Program ini juga menunjukkan hubungan yang kuat antara Indonesia dan Australia.

"Program ini menegaskan komitmen kita untuk menjadi komunitas teladan di tengah masyarakat multi-budaya Australia. Juga, menggarisbawahi komitmen kita untuk bekerja bersama menjadikan Indonesia sebagai negara yang kita banggakan”, ungkap Konsul Jenderal Dr. Yayan G.H. Mulyana dalam sambutannya, seperti dikutip dari keterangan pers KJRI Sydney, Rabu (16/8/2017).

Setelah sambutan Konjen RI, semua peserta kegiatan, berbekal kantung plastik dan sarung tangan memungut sampah di sekitar Pantai Maroubra dan area taman. Semua peserta kemudian berjalan kaki dari tempat tersebut melalui Mons Avenue, menuju kantor KJRI.

Di sana para peserta melanjutkan kegiatan-kegiatan perlombaan seperti karaoke, tenis meja, catur, dan perlombaan untuk anak-anak.

Selain program “Clean Australia, Walk for Indonesia”, serta perlombaan dan permainan untuk anak-anak, KJRI Sydney juga akan menyelenggarakan Upacara Bendera dan Resepsi Diplomatik dalam rangka memperingati HUT RI ke-72.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.