Sukses

39 Orang Terjebak Selama 4 Jam di Menara Tiger Sky Singapura

Liputan6.com, Singapura - Lusinan orang terjebak dalam kabin wahana di atas Menara Tiger Sky di Pulau Sentosa Singapura pada Sabtu 12 Agustus malam waktu setempat. Kabar itu disampaikan oleh Singapore Civil Defense Force (SCDF) melalui akun Facebook-nya.

Kabin wahana berhenti beroperasi sekitar pukul 17.35 dan stagnan berada di pucuk menara. Operator kemudian berusaha melakukan penyelematan.

Pada pukul 19.10, operator yang belum berhasil menurunkan wahana menghubungi SCDF.

Aparat SCDF mendapat notifikasi darurat itu yang menyebut bahwa kabin wahana itu berhenti di pucuk menara, bersama dengan 39 orang di dalamnya. Demikian seperti dilansir The Star, Sabtu (12/8/2017).

Otoritas bekerja sama dengan pihak operator wahana berupaya melakukan penyelamatan.

Saat proses penyelamatan, sekitar dua jam saat petugas melakukan perbaikan sistem, kabin wahana itu sempat turun beberapa meter. Kejadian itu sempat membuat panik seluruh orang yang berada di kawasan.

Khawatir jatuh, teriakan orang di dalam kabin riuh terdengar sepanjang proses penyelamatan dan perbaikan wahana.

Sementara itu sekitar pukul 21.30, kabin mulai bergerak turun, namun dengan cepat berhenti. Lagi, kondisi itu membuat cemas orang di dalam wahana.

Proses penyelamatan berlangsung hingga sekitar empat jam. Beruntung, tidak ada korban luka.

Tepat pada 21.44, setelah empat jam bergantung di atas menara, gondola itu berhasil diturunkan oleh petugas. Para penumpang kabin dengan segera bergegas keluar. Sebagian besar berlari menuju toilet.

Dikutip dari The Star, operator Menara Tiger Sky menyebut bahwa peristiwa itu disebabkan oleh 'kegagalan sistem teknis yang sangat berbahaya'.

Dalam sebuah pernyataan resmi, Sentosa Development Corporation (SDC) pengelola taman tempat wahana itu berada, mengakui telah terjadi malfungsi sistem dan teknis Menara Sky Tower pada 17.35.

"Pada saat kejadian, 38 penumpang dan satu operator berada di gondola. Staf teknis Sky Tower segera mulai memecahkan masalah sistem. Botol air dan makanan juga dibagikan kepada para tamu, oleh petugas. Kabin itu juga memiliki toilet bergerak," kata pihak SDC dalam pernyataannya.

"Keamanan para tamu kami merupakan prioritas utama di Sentosa dan SDC bekerja sama dengan Sky Tower Pte Ltd serta SCDF berusaha membantu secepat mungkin."

Pengelola dan aparat masih menyelidiki penyebab kesalahan teknis tersebut. Sementara itu, wahana Menara Tiger Sky akan ditutup sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Pada ketinggian 131m di atas permukaan laut, wahana yang berada di di Imbiah Road merupakan menara observatorium tertinggi di kawasan, menurut situs web Sentosa.

Menara ini memiliki kabin tertutup dengan kapasitas 72. Dengan bergerak berputar perlahan ke atas, Menara Tiger Sky menawarkan panorama 360 derajat pemandangan Singapura dan pulau wisata Sentosa.

 

Saksikan juga video berikut ini

Artikel Selanjutnya
Lonceng Menara Big Ben di London Akan Diam Selama 4 Tahun
Artikel Selanjutnya
11-8-1999: Gerhana Matahari Total Terakhir pada Abad ke- 20