Sukses

Saat Anak Muda Pro-ISIS Menjelma Jadi Peretas di Dunia Maya

Para peretas pro-ISIS ternyata adalah kaum muda yang penampilannya terlihat biasa.

Liputan6.com, Moskow - Menurut penelitian, para hacker atau peretas pro-ISIS ternyata kaum muda dan terlihat biasa seperti pada umumnya.

Mereka diduga kuat korban propaganda terorisme, dengan level kemampuan rendah dan pengalaman hidup yang terbatas.

Dikutip dari laman RBTH Indonesia, Minggu (13/8/2017), penelitian itu diadakan oleh Group IB -- perusahaan asal Rusia yang menyediakan solusi anti-penipuan dan anti-ancaman, bekerja sama erat dengan Interpol.

Tujuan mereka adalah untuk mencari tahu hacktivist, aktivis sosial yang menjadi peretas, yang dalam kasus ini mendukung organisasi radikal.

"Perbedaan utama mereka dengan peretas profesional adalah motivasi," kata Dmitry Volkov, salah satu pendiri Group-IB.

"Orang profesional melakukannya demi uang, sementara hacktivist untuk tujuan bersenang-senang, politis, atau alasan agama," tambahnya.

Group-IB mengatakan bahwa para hacktivist ini bukanlah kriminal siber profesional, tidak seperti mereka yang menyerang bank dan perusahaan.

"Hacktivist bukan ancaman untuk perusahaan yang benar-benar punya sistem keamanan informasi yang bagus," kata Volkov.

Pencari Perhatian

Anggota Pasukan Siber Islam Bersatu (UICF) berpartisipasi dalam berbagai operasi di seluruh dunia. Menurut Group-IB, merekalah orang-orang di balik serangan terhadap Bloc Quebecois, sebuah partai politik di Kanada.

Serangan itu merupakan respons terhadap kritik yang dilontarkan politisi Kanada ke seorang wanita Muslim yang memakai hijab di Majelis Rendah Parlemen Kanada (House of Commons). Konten resmi situs web partai kemudian diganti menjadi slogan kelompok radikal.

Menurut Volkov, mayoritas serangan dari hacktivist adalah perusakan (substitusi atau pengeblokan halaman utama situs web), atau penolakan layanan secara terdistribusi (DDoS).

"Perusakan situs web yang diretas adalah ketika konten resmi diganti dengan banner atau slogan," ujar Volkov.

"Tujuan utama serangan ini adalah untuk mencari perhatian publik sebesar-besarnya. Selama serangan DDoS, situs web tidak dapat dibuka karena banyaknya trash request dari botnet (jaringan komputer pribadi yang terinfeksi perangkat lunak berbahaya dan dikontrol orang-orang kriminal)," tambahnya.

Saksikan juga video menari berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bocah Siber vs Pemerintah

Bagaimana mungkin anak muda dengan kemampuan terbatas dapat menyerang situs web kementerian-kementerian di Prancis, Israel, India, dan negara-negara lain?

Kenyataannya, banyak layanan online pemerintah dan masyarakat yang tidak terlalu mementingkan keamanan siber.

"Anda tidak membutuhkan kemampuan hebat untuk meretas mereka," jelas Volkov.

"Banyak alat untuk beberapa tipe serangan DDoS yang tersedia di forum online. Bukan masalah bagi anak muda untuk mencari dan menggunakannya," tambahnya.

Mereka muda dan biasa saja, dan masih bermain-main saat ini, tapi adalah sebuah kesalahan bila mereka diremehkan dan ancaman yang ada diabaikan. Hacktivist dapat mengubah cara mereka, dari DdoS dan meretas situs web yang tidak terlindungi dengan baik, menjadi menyerang infrastruktur penting.

Rusia juga telah menjadi korban kelompok radikal, seperti Anonymous Caucasus. Target utama kelompok ini adalah bank-bank terbesar, badan pemerintah, dan media di Rusia.

Pada 2013, mereka menuduh otoritas Rusia 'kejam' karena mengadakan Olimpiade Musim Dingin 2014 di tanah leluhur milik orang Sirkasia di Sochi. Mereka kemudian mengadakan operasi siber bernama Pay Back for Sochi.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.