Sukses

Menhan AS: Kami Siap Lawan Korea Utara

Liputan6.com, Mountain View - Menteri Pertahanan Amerika Serikat, James Mattis, mengatakan, militer AS telah siap melawan Korea Utara (3054149 ""). Hal tersebut disampaikannya ketika mengunjungi Departemen Pertahanan di Mountain View, California, yang dirancang untuk mempercepat integrasi teknologi di militer AS.

"Tanggung jawab saya adalah mempersiapkan pilihan militer yang dibutuhkan," ujar Mattis pada 10 Agustus 2017. "Kami telah siap," imbuh dia.

Dikutip dari CNBC, Jumat (11/8/2017), ketika ditanya pilihan apa yang dimiliki AS, Mattis menolak untuk menjawab. "Saya tak akan memberi tahu musuh, apa yang akan kami akan lakukan," ujar dia.

Mattis mengatakan, untuk melawan ambisi rudal nuklir Kim Jong-un Amerika juga sedang menupayakan berbagai upaya diplomasi. 

Pria kelahiran 1950 itu memuji upaya Duta Besar PBB untuk AS, Nikki Haley, yang akhirnya berhasil membuat Dewan Keamanan PBB memberikan sanksi ekonomi terhadap tindakan Korea Utara.

Kunjungan Mattis tersebut dilakukan di tengah meningkatnya tensi kedua negara, setelah Korea Utara melakukan serangkaian uji coba misil. Korut juga terang-terangan mengancam akan menembakkan misilnya ke Guam.

Korea Utara berdalih rencana serangannya tersebut merupakan respons dari pernyataan Presiden Donald Trump yang akan melawan Pyongyang dengan tembakan dan kemarahan. Trump juga mengeluarkan ancaman baru bagi negara yang dipimpin Kim Jong-un tersebut. "Korea Utara lebih baik kooperatif atau mereka akan berada dalam masalah," ucap Trump.

 Simak video berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Filipina Siap Gempur Timnas Indonesia U-19
Artikel Selanjutnya
AS dan Rusia Beda Pendapat Soal Sanksi Kepada Korea Utara