Sukses

Jokowi Bertemu Wakil PM Singapura Bahas Ekonomi Digital

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Singapura Teo Cheen Hean di Istana Merdeka, Jakarta. Kerja sama investasi dan pengembangan ekonomi digital di beberapa wilayah di Indonesia menjadi perbincangan utama keduanya.

Usai pertemuan, Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir mengatakan, Singapura menyatakan niatnya untuk berinvestasi di beberapa wilayah di Indonesia. Misalnya Batam, Bintan, dan Karimun. Indonesia menyambut baik rencana ini dan akan melakukan langkah strategis untuk mempercepat realisasi investasi itu.

"Kita Indonesia akan melakukan langkah-langkah untuk memfasilitasi kemudahan-kemudahan di sana," ujar Fachrir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (11/8/2017).

Pemerintah akan menyiapkan tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan Singapura yang akan dibangun di Indonesia itu. Saat ini, sudah ada 30 perusahaan Singapura di Semarang. Sedikitnya ada 1.700 tenaga kerja Indonesia terserap dari perusahaan itu.

Saat ini, masih ada 41 perusahaan Singapura yang sedang dalam proses pembangunan. Untuk itu, Indonesia juga mempersiapkan sekolah khusus guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja perusahaan itu.

"Kalau 41 perusahaan ini kemudian beroperasi akan menyerap sekitar empat ribuan (tenaga kerja)," imbuh dia.

Singapura juga tertarik membangun ekonomi digital di Indonesia. Anak-anak muda Indonesia yang aktif di perusahaan start up akan berinteraksi dengan perusahaan besar Singapura. Tujuannya tentu untuk pengembangan diri start up yang sedang mereka kerjakan.

"Bahkan ada juga yang sifatnya interface dialog. Tak hanya itu, Indonesia dan Singapura juga baru pertama kali melakukan dialog lintas agama yang melibatkan semua pemimpin agama karena lagi-lagi kita punya kesamaan dengan Singapura dalam hal pluralisme," ucap dia.

  • Singapura atau Republik Singapura terletak di bagian Tenggara Asia dan dikenal dengan ikon Patung Singa.
    Singapura atau Republik Singapura terletak di bagian Tenggara Asia dan dikenal dengan ikon Patung Singa.
    Singapura
  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
Artikel Selanjutnya
Jokowi Terbang ke Singapura Siang Nanti, Ini Agendanya
Artikel Selanjutnya
Jokowi Berencana Kunjungi Singapura 6-7 September