Sukses

Mencalonkan Diri Jadi Gubernur, Remaja 16 Tahun Ini Tuai Sensasi

Liputan6.com, Kansas - Seorang remaja berusia 16 tahun nekat mencalonkan diri sebagai Gubernur Kansas 2018. Kemunculan Jack Bergeson terkait hal tersebut pun menuai perhatian nasional pekan ini.

Jack Bergeson yang mencalonkan diri melalui wilayah Midwestern, mendapat dukungan dari sebuah acara komedi yang tayang larut malam, Jimmy Kimmel Live.

"Seperti Gubernur Brownback dan Presiden Trump, saya mulai memperhatikan bahwa telah terjadi degenerasi politik di negara ini, dan kita membutuhkan generasi muda untuk terlibat dalam upaya untuk memperbaikinya," kata Bergeson seperti dikutip dari KansasCity.com, Jumat (11/8/2017). 

"Saya pikir... mari beri kesempatan kepada orang-orang Kansas. Mari kita coba sesuatu yang baru yang belum pernah dicoba di tempat lain sebelumnya," ujar remaja dari Wichita itu.

Bergeson memang belum cukup umur untuk memilih dirinya sendiri baik dalam primary atau general election. Kendati demikian, ia tetap tak putus asa.

Menurut sekretaris kantor negara Kansas, dia tetap bisa maju dalam ajang tersebut karena Kansas tidak memiliki persyaratan umur untuk mencalonkan diri sebagai gubernur.

"Menurut undang-undang Kansas, tidak ada yang mengatur kualifikasi gubernur," kata direktur pemilihan umum di sekretaris negara bagian Kansas, Bryan Caskey. "Jadi, tidak ada yang menjabarkan usia, tempat tinggal maupun pengalaman. Tak ada satu pun."

Berdasarkan menurut situs sekretaris negara, selain Kansas, negara bagian lain termasuk Missouri, memiliki usia minimum yang mengharuskan gubernur berusia minimal 30 tahun.

Dalam sebuah wawancara telepon pada hari Senin, Bergeson mengatakan bahwa dia adalah seorang junior di The Independent School di Wichita. Dia mengatakan bahwa dia ingin menjadi lebih baik dari Bernie Sanders, Ross Perot, Jesse Ventura dan mantan Presiden Dwight Eisenhower.

"Saya masuk untuk memberi kesempatan kepada orang-orang," kata Bergeson. "Tidak masalah jika saya menang atau kalah. Saya memberikan pilihan."

Bergeson maju dengan menggandeng sesama siswa, Alexander Cline, untuk masa jabatan 2018 mendatang. Jika mereka menang, maka keduanya harus berbagi waktu antara tugas pemerintahan dan akademik.

Mereka akan menapaki tahun terakhir di sekolah menengah atas tahun depan.

Jika pasangan tersebut menang, maka Bergeson akan menjadi gubernur termuda dalam sejarah Amerika Serikat.

Saksikan juga video menari berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Penyanyi Malaysia Baby Shima Tolak Tampil Bareng Cherrybelle
Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: PNS Cantik Rela Lakukan Ini demi Juara API 2017