Sukses

Tak Hanya Pit Bull, Ini 8 Ras Anjing Paling Ganas di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Anjing merupakan salah satu hewan yang telah lama dijinakkan oleh manusia. Sudah banyak temuan lukisan atau ukiran purba yang menggambarkan keberadaan hewan itu ketika membantu manusia berburu.

Dalam perkembangannya, ada ratusan ras anjing yang mendampingi manusia untuk berbagai keperluan, mulai dari berburu, menjadi penjaga, penggembala, dan bahkan sebagai bagian dari penyerang dalam perang.

Sekarang ini, anjing juga dilatih untuk menuntun manusia berkebutuhan khusus, melacak bom atau barang terlarang lain, dan mendeteksi kanker atau penyakit lain dalam tubuh manusia. Tidak heran kalau anjing dijuluki sebagai "sahabat terbaik manusia."

Tapi, seperti dikutip dari pressroomvip.com pada Jumat (11/8/2017), ada beberapa ras anjing yang masih menyimpan naluri ganas leluhur mereka, serigala, sehingga menyakiti atau membunuh orang tak dikenal atau bahkan pemilik mereka.

Beberapa ras anjing seperti itu sudah cukup sering didengar, misalnya Doberman, German Shepherd, Rottweiler, Great Dane, dan Boxer. Padahal semua ras itu juga dirasakan juga manfaatnya pada manusia. Kuncinya ada pada pelatihan yang tepat dan benar.

Secara khusus, Pit Bull termasuk yang mulai dilarang di banyak negara karena amat ganas. Penelitian tahun 1991 di Amerika Serikat (AS) mengungkapkan bahwa 94 persen serangan oleh Pit Bull bukan karena ia diganggu. Anjing ras ini terus saja menewaskan belasan orang di AS setiap tahunnya.

Ada sejumlah ras anjing yang dikenal ganas di dunia, berikut delapan di antaranya:

1 dari 9 halaman

1. Fila Brasileiro

Fila Brasileiro. (Sumber Wikimedia Commons)

Anjing ini dikenal juga sebagai Brazilian Mastiff. Mereka memiliki kemampuan luar biasa dalam melakukan pelacakan.

Tapi, di sisi lain, anjing ras ini juga amat ceroboh dan cenderung agresif. Berdasarkan beberapa fakta,  bahwa mereka tidak selalu bisa dikendalikan. 

Fila Brasileiro diketahui juga telah dilarang dipelihara di beberapa negara.

2 dari 9 halaman

2. Akita Inu

Akita Inu. (Sumber Wikimedia Commons)

Seperti terdengar dari namanya, anjing ini berasal dari Jepang, terutama di kawasan pegunungan.

Mereka dikenal mandiri dan kuat, tapi jelas-jelas bisa agresif. Karena sikap mereka, terhadap wilayah (teritorial), mereka bisa sangat agresif terhadap orang tak dikenal.

Dikutip dari yourpurebredpuppy.com, anjing ini bertubuh kuat, curiga pada orang asing, dan protektif. Mereka harus terbiasa dengan manusia sejak masih kecil agar nalurinya sebagai penjaga bisa terarah.

 

 

 

3 dari 9 halaman

3. Dogo Argentino

Dogo Argentino. (Sumber Max Pixel)

Anjing ras ini berukuran besar dan sangat kekar. Mereka terutama dibiakkan di Argentina untuk berburu.

Anjing yang sangat kuat ini sebenarnya non-agresif terhadap manusia, tapi tidak boleh dipelihara di beberapa negara, semisal Inggris yang mengacu kepada Dangerous Dogs Act 1991.

4 dari 9 halaman

4. Boerboel

Boerboel. (Sumber Wikimedia Commons)

Anjing ras ini adalah jenis yang sangat setia, tapi bisa menjadi sangat defensif.

Sesuai namanya, anjing ras ini berasal dari Afrika Selatan. Mereka sangat protektif dan digunakan untuk menjaga pertanian dan rumah.

Mereka termasuk salah satu jenis anjing paling kuat.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

5 dari 9 halaman

5. Tosa Inu

Tosa Inu. (Sumber Wikimedia Commons)

Anjing ras ini juga termasuk yang bisa menjadi agresif jika tidak dilatih dengan tepat. Mengacu kepada beberapa sumber, anjing ras ini tergolong langka.

Sesuai namanya, anjing ini berasal dari Jepang dan dulunya dibiakkan di Tosa (sekarang Kōchi) sebagai anjing petarung hingga sekarang.

Mereka juga termasuk yang dilarang masuk ke Inggris berdasarkan Dangerous Dogs Act 1991.

6 dari 9 halaman

6. Perro de Presa Canario

Perro de Presa Canario. (Sumber Wikimedia Commons)

Yang satu ini dikenal juga sebagai "Dog Canario." Mereka memiliki reputasi sebagai anjing yang sangat berbahaya.

Anjing jenis ini berukuran besar dan sangat kekar. Mereka memiliki riwayat sebagai anjing sangat agresif jika tidak dilatih secara tepat.

Dikutip dari berbagai sumber, anjing jenis Molosser ini dulunya dibiakkan sebagai anjing pekerja. Namanya dalam bahasa Spanyol diterjemahkan sebagai "anjing penangkap Canarian."

Anjing ini menjadi hewan simbol pulau Gran Canaria.

7 dari 9 halaman

7. Gull Dong

Gull Dong. (Sumber EasyPetMD)

Gull Dong dikenal juga sebagai Pakistani Bull Dog. Sesuai namanya, anjing ini dibiakkan di Pakistan.

Anjing ras ini lazimnya dipelihara karena para pemilik berpendapat bahwa mereka akan menjaga rumah dari para kriminal.

8 dari 9 halaman

8. Rhodesian Ridgeback

Rhodesian Ridgeback. (Sumber Wikimedia Commons)

Ras yang satu ini dikenal sebagai ras anjing pemburu yang hebat. Mereka bisa sangat setia kepada para pemiliknya, tapi tidak demikian dengan orang-orang tidak dikenal.

Anjing jenis ini terlalu peka sehingga bisa mengembangkan perilaku agresif jika tidak ditangani secara benar.

Sesuai namanya, anjing ini pada awalnya dibiakkan di Rhodesia yang sekarang dikenal sebagai Zimbabwe.

Leluhurnya berasal dari Eropa, yaitu anjing-anjing yang dibawa ke Cape Colony. Anjing-anjing Eropa itu kemudian beranak silang dengan anjing bongkok pemburu di sana, Khoikhoi.

Dulu, anjing ini dikenal juga sebagai anjing singa Van Rooven karena kemampuannya mengusir singa  yang suka mencuri hewan hasil buruan majikannya.

Artikel Selanjutnya
Super Mewah, Kandang Anjing Paris Hilton Bikin Orang-Orang Iri
Artikel Selanjutnya
Serunya Pelihara Hewan Eksotik di Rumah