Sukses

Gara-Gara Berenang Pakai Burkini, Wanita Ini Didenda Rp 7,6 Juta

Pemilik kolam renang kemudian memanggil suami Fadila dan meminta agar menahan sang istri untuk tidak berenang selama masa tinggal di sana.

Liputan6.com, Marseille - Suasana gembira ketika berlibur di Kota Marseille, Prancis, seketika menjadi mimpi buruk bagi seorang wanita muslim beserta keluarga tercinta. Pasalnya, ia harus diusir dari kolam renang karena memakai burkini.

Dikutip dari laman RT.com, Rabu (9/8/2017), pemilik kolam renang meminta wanita itu untuk keluar dari air dan dikenakan denda Rp 7,6 juta.

Menurut United Against Islamophobia di Prancis (CCIF), wanita muslim tersebut bernama Fadila dan menyewa sebuah rumah di Kota Marseille untuk menikmati masa liburan bersama suami dan ketiga anaknya.

Pada hari pertama liburan, Fadila mengaku sempat berenang di kolam yang sama bersama anak-anaknya sambil mengenakan burkini. Pada saat itu tak ada permasalahan yang ia rasakan.

Namun, pada hari kedua seorang petugas di kolam renang tersebut menyuruh semua orang agar keluar dari kolam renang karena melihat Fadila berenang menggunakan burkini.

Pemilik kolam renang kemudian memanggil suami Fadila dan meminta agar menahan sang istri untuk tidak berenang selama masa tinggal mereka di kawasan tersebut.

Pria itu juga diminta membayar denda karena kerugian yang dialami oleh pihak kolam renang. Sebab, sudah dua hari kolam renang tersebut tak digunakan selama dua hari setelah Fadila berenang di sana.

Suami Fadila menolak untuk membayar. Penolakan itu mendorong pemiliknya untuk menyita deposit sebesar Rp 7,6 juta yang sebelumnya disimpan oleh pemilik rumah.

"Saya kecewa, kaget dan terluka oleh perbuatan seseorang yang melarang penggunaan burkini," ujar Fadila.

Meskipun pihak kolam renang mengklaim telah terjadi kerugian akibat kehadiran Fadila, CCIF menegaskan bahwa wanita tersebut tak menimbulkan risiko sama sekali.

Burkini sudah menjadi topik perdebatan sengit di Prancis selama satu tahun belakangan. Kota Cannes melarang penggunaan pakaian renang muslim sejak Agustus 2016 dan kemudian mendorong sebagian besar kota lain untuk mengikuti jejaknya.

Pada bulan Mei, sembilan wanita yang mencoba mengadakan sebuah pesta menggunakan burkini ditangkap di Cannes selama film festival yang menjadi ikon kota tersebut.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.